08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Bimtek Pengelolaan Arsip Penanganan Pandemi COVID-19

Bimtek Pengelolaan Arsip Penanganan Pandemi COVID-19 Bimtek Pengelolaan Arsip Penanganan Pandemi COVID-19 Bimtek Pengelolaan Arsip Penanganan Pandemi COVID-19 Bimtek Pengelolaan Arsip Penanganan Pandemi COVID-19 Bimtek Pengelolaan Arsip Penanganan Pandemi COVID-19

04

Dec 21

Bimtek Pengelolaan Arsip Penanganan Pandemi COVID-19

Jakarta (2/12/2021), Arsip Nasional Republik Indomesia (ANRI) sebagai pembina kearsipan nasional menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Arsip Penanganan Pandemi COVID-19. Acara Bimtek dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting dan disiarkan langsung melalui kanal Youtube Arsip Nasional RI, 3 Desember 2021.

Dalam laporannya, Koordinator Kelompok Substansi Kearsipan Pusat II, Tuti Sri Widayanti menyampaikan maksud dan tujuan diselenggarakannya Bimtek tersebut. "Bimtek ini dimaksudkan untuk memberikan panduan kepada pencipta arsip dan lembaga kearsipan dalam melaksanakan pengelolaan arsip penanganan pandemi covid 19 sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dan kaidah kearsipan dalam rangka perlindungan, pengamanan dan penyelamatan bukti akuntabilitas anggaran dan pertanggungjawaban dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta menjamin ketersediaan arsip untuk generasi yang akan datang," terang Tuti Sri Widayanti.

Sementara itu, dalam sambutannya, Direktur Kearsipan Pusat, Azmi menyampaikan bahwa arsiparis dan penyelenggara kearsipan memiliki peranan penting dalam menyelamatkan dan mendokumentasikan arsip penanganan pandemi COVID-19 sehingga dapat diwariskan dan dipelajari untuk generasi mendatang.

Pada kesempatan ini, ditayangkan video Pengelolaan Arsip Penanganan Pandemi Covid 19. Setelah itu, pemberian materi oleh narasumber. Pertama, materi Pengelolaan Arsip Penanganan COVID-19 di Lingkungan Kementerian Kesehatan disampaikan oleh Sumarjaya selaku Plt. Kepala Biro Umum pada Kementerian Kesehatan RI.

Kemudian, disampaikan materi mengenai Penyelamatan Arsip Penanganan Pandemi COVID-19 di Lingkungan BNPB dan Satuan Tugas Penanganan COVID-19 oleh Ery Supartini, Kepala Biro SDM dan Umum pada Badan Nasional Penangguangan Bencana.

Materi terakhir, Strategi Penyelamatan Arsip COVID-19 “Pemberian Izin Vaksin Covid 19 di Indonesia" oleh Popy Alia, Kepala Bagian Rumah Tangga Badan Pengawasan Obat dan Makanan.

( is )


Penulis : is
Editor : Sitty Annisaa

Bagikan

Views: 2363