08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI
BMKG Serahkan Arsip Statis ke ANRI BMKG Serahkan Arsip Statis ke ANRI BMKG Serahkan Arsip Statis ke ANRI

06

May 24

BMKG Serahkan Arsip Statis ke ANRI

Yogyakarta - 06/05/24, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kembali menyerahkan arsip statis ke Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) sejak penyerahan terakhir pada 2018. Arsip statis tersebut diserahkan secara simbolis oleh Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto kepada Sekretaris Utama ANRI, Rini Agustiani dalam rangkaian Rapat Koordinasi Kearsipan di Lingkungan BMKG di Yogyakarta. Penyerahan arsip statis BMKG tersebut turut dihadiri Pimpinan Tinggi Madya, Pimpinan Tinggi Pratama, serta pegawai di lingkungan BMKG.

Arsip statis yang diserahkan oleh BMKG berupa arsip tekstual dengan kurun waktu tahun 2003 s.d. 2017 dan berjumlah total sebanyak 16 nomor arsip, erdiri atas sembilan sampul, enam eksemplar, dan satu jilid. Dari arsip statis tersebut terdapat jenis arsip Laporan Akuntabilitas Kinerja, Laporan Tahunan, Rencana Strategis, master plan, atlas rawan banjir, dan berkas Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi V DPR RI.

Pda kesempatan ini, Rini mengajak BKMG untuk berperan dalam pengelolaan dan penyelamatan arsip dengan cara: pertama, mengelola dan memanfaatkan arsip untuk menjaga kedaulatan NKRI; kedua, mengedepankan peran arsip dalam mengawal segala ketentuan dan aturan ketatanegaraan untuk menjamin dan menjaga penegakan hukum; ketiga, mendorong peran arsip dalam mengawal kebijakan fiskal yang sehat, adil, dan mandiri melalui pengendalian informasi kearsipan terkait pengeluaran dan penerimaan negara yang tertuang dalam APBN; keempat, menjamin keselamatan aset nasional dalam bidang ekonomi, sosial, politik, budaya, pertahanan, dan keamanan sebagai identitas dan jati diri bangsa; kelima, menggunakan arsip dalam membangun manajemen ilmu pengetahuan organisasi (knowledge management) untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dalam pengelolaan dan pemanfaatan arsip yang autentik dan tepercaya; dan terakhir, menjembatani penyusunan kebijakan publik berbasis bukti yang berasal dari arsip.


Foto : Direktorat Akuisisi
Penulis : TTA
Editor : tk

Bagikan

Views: 133