08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI
BPS Siap Implementasikan SIKD

08

Jul 14

BPS Siap Implementasikan SIKD

Penandatanganan berita acara serah-terima aplikasi SIKD oleh Sekretaris Utama BPS Eri Hastoto (kiri) dengan Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan Dini Saraswati disaksikan oleh Kepala BPS Suryamin

Jakarta - Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyerahkan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) kepada Badan Pusat Statistik (BPS). Acara serah terima aplikasi tersebut dilaksanakan pada 8 Juli 2014 di gedung 3 BPS Jalan Dr. Sutomo 6-8 Jakarta. Aplikasi diserahkan oleh Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan, Dini Saraswati kepada Sekretaris Utama BPS, Eri Hastoto.

Dalam sambutannya, Dini menjelaskan bahwa program SIKD merupakan program prioritas reformasi birokrasi ANRI dalam rangka mendukung E-Goverment.”Sistem Informasi Kearsipan Dinamis merupakan program prioritas ANRI yang telah diberikan serta diujicobakan kepada lembaga negara, lembaga pendidikan, pemerintah daerah, dan Badan Usaha Milik Negara/Daerah (BUMN/BUMD) dengan tujuan dapat terlaksananya pengelolaan arsip dinamis yang baik, tertib sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku yang pada akhirnya meningkatkan mutu layanan kearsipan kepada masyarakat”, ujarnya.

Lebih lanjut Dini menambahkan tahapan-tahapan implementasi program SIKD. “Program ini diberikan kepada lembaga negara, lembaga pendidikan, pemerintah daerah, dan BUMN/BUMD dengan 2 (dua) pola yaitu melalui 4 (empat) tahapan : survey, bimbingan teknis penyusunan Norma Standar Prosedur Kriteria (NSPK), bimbingan teknis aplikasi SIKD dan serah terima serta monitoring dan evaluasi. Tahapan survey, bimbingan teknis penyusunan NSPK dan bimbingan teknis aplikasi SIKD telah dilaksanakan dengan baik”, jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPS Suryamin menyambut baik atas kehadiran aplikasi SIKD. “Semoga dengan hadirnya sistem ini, arsip di BPS dapat ditata dan dikelola dengan lebih baik, sehingga dapat memperlancar tugas administrasi”, ungkapnya. Suryamin juga menghimbau kepada jajarannya untuk segera mengimplementasikan program SIKD. (sa)


Bagikan

Views: 2920