08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Delegasi Pertemuan Pendahuluan Arsip Nasional Negara-Negara Berpenduduk Mayoritas Muslim Kunjungi Fasilitas Kearsipan di ANRI

Delegasi Pertemuan Pendahuluan Arsip Nasional Negara-Negara Berpenduduk Mayoritas Muslim Kunjungi Fasilitas Kearsipan di ANRI Delegasi Pertemuan Pendahuluan Arsip Nasional Negara-Negara Berpenduduk Mayoritas Muslim Kunjungi Fasilitas Kearsipan di ANRI Delegasi Pertemuan Pendahuluan Arsip Nasional Negara-Negara Berpenduduk Mayoritas Muslim Kunjungi Fasilitas Kearsipan di ANRI Delegasi Pertemuan Pendahuluan Arsip Nasional Negara-Negara Berpenduduk Mayoritas Muslim Kunjungi Fasilitas Kearsipan di ANRI

13

Jul 23

Delegasi Pertemuan Pendahuluan Arsip Nasional Negara-Negara Berpenduduk Mayoritas Muslim Kunjungi Fasilitas Kearsipan di ANRI

Jakarta - 13/7/2023, Deputi Bidang Konservasi Arsip, Kandar mendampingi kunjungan tamu dari perwakilan negara-negara Islam ke fasilitas-fasilitas kearsipan yang ada di Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan. Dalam kunjungan ini, Kandar didampingi Direktur Layanan dan Pemanfaatan, Eli Ruliawati dan Direktur Preservasi, Agus Santoso. 

Fasilitas yang dikunjungi para delegasi di antaranya Ruang Baca, Diorama Sejarah Perjalanan Bangsa, Depot Arsip Media Baru, Depot Arsip Media Konvensional (Kertas), E-Depot, Laboratorium Forensik, dan Restorasi Arsip. Kunjungan ini merupakan rangkaian kegiatan Pertemuan Pendahuluan Forum Kerja Sama Arsip Nasional Negara-Negara Berpenduduk Mayoritas Muslim dan Seminar Arsip Sejarah Peradaban Islam dan Diplomasi Internasional yang telah dibuka pada 11 Juli 2023 di Jakarta. 

Executive Director of Qatar National Library, Tan Huism sangat terkesan setelah mengunjungi Laboratorium Forensik ANRI terkait penggunaan mesin Artificial intelligence (AI) untuk mengakses arsip. Menurutnya sangat menarik menggunakan mesin pembelajaran AI untuk mendapatkan deskripsi foto, karena tanpa dekripsi masyarakat akan sangat sulit menemukannya di internet. Tan Huism menyampaikan bahwa yang terpenting adalah bagaimana arsip itu mudah untuk diakses. Terkadang untuk mendeskripsikan satu arsip, membutuhkan banyak sumber daya manusia dan kita tahu bahwa itu terbatas. 

Tan Huism menambahkan, ANRI telah menjaga dan menyimpan arsip dengan baik dan ia senang akan hal tersebut. ANRI juga memiliki infrastruktur untuk menyimpan berbagai jenis arsip, ada untuk arsip film dengan ruangan bersuhu dingin, juga untuk arsip kertas, kemudian juga menginvestigasi serta menganalisis secara ilmiah arsip tersebut.

Selain Indonesia, Negara-Negara Berpenduduk Mayoritas Muslim yang berkunjung ke ANRI di antaranya Saudi Arabia, Malaysia, Qatar, Irak, Maroko, Kuwait, Yordania, Palestina. Sebelumnya, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Diah Natalisa menyampaikan pembukaan pertemuan ini merupakan entuk kolaborasi yang dapat memperkaya kearsipan nilai dan kultur Islam. (ke/sa)

 

( ke/sa )


Penulis : ke/sa
Editor : tk

Bagikan

Views: 518