08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Morowali Laksanakan Konsultasi SIKN dan JIKN

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Morowali Laksanakan Konsultasi SIKN dan JIKN

03

Feb 23

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Morowali Laksanakan Konsultasi SIKN dan JIKN

Jakarta - 03/02/23, Guna memperoleh bimbingan khusus mengenai Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah mengunjungi Pusat SJIKN Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).  “Setiap penyusunan Laporan Kegiatan Pertanggungjawaban Bupati (LKPB) dan pengawasan kearsipan kami kerap memperoleh kendala terkait SIKN dan JIKN ini. Tahun 2023 ini menjadi momen untuk melakukan perubahan dan memperbaiki tatanan kearsipan khususnya terkait SIKN dan JIKN, sehingga saat pengawasan periode berikutnya kami sudah mendapatkan nilai dengan bantuan dan bimbingan dari Pusat SJIKN ANRI,” jelas Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Morowali, Fawakihah.

Pada kesempatan ini, Kepala Bidang Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Morowali, Nurmawati juga menyampaikan bahwa dari hasil konsultasi ini selanjutnya akan disusun kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis (bimtek) SIKN dan JIKN di lingkungan Kabupaten Morowali yang diprioritaskan kepada pengelola SIKN di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Morowali.

 

Pada konsultasi ini, diterima oleh Arsiparis Madya Anak Agung Gede Sumardika dan Arsiparis Penyelia Tri Artasari. Agung selanjutnya menyampaikan tahapan yang harus dilalui bagi calon anggota simpul jaringan SIKN dan JIKN yaitu diawali dengan melakukan registrasi secara daring, membentuk tim pengelola SIKN dan JIKN serta menyusun rencana kegiatan magang/bimtek baik di Pusat SJIKN ANRI atau di instansi masing-masing. Setelah bimtek selanjutnya tim pengelola melaksanakan input data secara mandiri melalui tautan yang disampaikan saat bimtek/magang.

( #tj )


Penulis : #tj
Editor : tk

Bagikan

Views: 679