08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan Siap Menjadi Simpul Jaringan Mandiri SIKN

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan Siap Menjadi Simpul Jaringan Mandiri SIKN Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan Siap Menjadi Simpul Jaringan Mandiri SIKN Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan Siap Menjadi Simpul Jaringan Mandiri SIKN Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan Siap Menjadi Simpul Jaringan Mandiri SIKN Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan Siap Menjadi Simpul Jaringan Mandiri SIKN Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan Siap Menjadi Simpul Jaringan Mandiri SIKN

30

Nov 21

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan Siap Menjadi Simpul Jaringan Mandiri SIKN

Banjarmasin - 24/11/21, Dalam rangka monitoring pelaksanaan Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN), tim Pusat Sistem dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (SJIKN) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melakukan kunjungan ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan. Kunjungan tersebut diterima oleh Kepala Bidang Pelayanan dan Pembinaan Perpustakaan beserta pejabat struktural dan fungsional lainnya, mewakili   Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan.

Kepala Bidang Pelayanan dan Pembinaan Perpustakaan, Wildan Akhyar mengatakan bahwa saat ini Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan sedang fokus terhadap perkembangan dan implementasi teknologi di setiap sektor birokrasi dan berharap seluruh jajarannya mempersiapkan diri menuju Kalimantan Selatan Mapan (Mandiri dan Terdepan).

“Sangatlah tepat penyelenggaraan SIKN dan JIKN di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan saat ini yang sekaligus sebagai embrio era digital bagi Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dalam upaya memberikan layanan kepada masyarakat. Apalagi kehadiran tim SJIKN ANRI di Kalimantan Selatan ini dalam rangka monitoring dan evaluasi penyelenggaraan SIKN dan JIKN Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menuju Simpul Jaringan Mandiri,” lanjut Wildan.

Ketua tim SIJKN, Hilman Rosmana dalam sambutannya mengatakan, kehadiran tim SJIKN ANRI di Banjarmasin, Kalimantan Selatan sekaligus mendorong Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sebagai Simpul Jaringan Mandiri SIKN dan JIKN atas dasar keaktifan, jumlah informasi, serta rutinitas input data yang selama ini dilakukan oleh pengelola di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan.

Selain sumber daya manusia (SDM) dan materi arsip, hal yang sangat penting untuk bisa menjadi Simpul Jaringan Mandiri yaitu adanya kerja sama antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dengan instansi terkait seperti Dinas Komunikasi dan Informatika. Hal ini  untuk mendukung infrastruktur serta jaringan di wilayah.

Dalam kesempatan ini, tim SJIKN juga menjadwalkan untuk kunjungan dalam rangka koordinasi ke Dinas Komunikasi dan Informatika yang berlokasi di kawasan perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. Kemudian, dilanjutkan dengan kegiatan evaluasi penyelenggaraan SIKN baik konten maupun SDM pengelola oleh tim SJIKN  yang dirangkai dengan sosialisasi SIKN dan pelatihan singkat operasional aplikasi kepada para pegawai di lingkungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan.

Pada kunjungan kali ini, tim SJIKN juga berkesempatan bertemu dengan lembaga kearsipan daerah yang datang untuk berkonsultasi SIKN dan JIKN ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan, seperti Kabupaten Tabalong dan Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Rahma dari Kabupaten Tabalog menyampaikan, pertemuan dan konsultasi tersebut merupakan keberuntungan karena  tidak hanya konsultasi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan, tetapi juga dapat langsung berkonsultasi dengan Pusat SJIKN ANRI. #tj


Penulis : #tj
Editor : Sitty Annisaa

Bagikan

Views: 1227