08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Diorama Sejarah Sumatera Selatan Akan Segera Dibangun

Diorama Sejarah Sumatera Selatan Akan Segera Dibangun Diorama Sejarah Sumatera Selatan Akan Segera Dibangun Diorama Sejarah Sumatera Selatan Akan Segera Dibangun Diorama Sejarah Sumatera Selatan Akan Segera Dibangun

12

Nov 22

Diorama Sejarah Sumatera Selatan Akan Segera Dibangun

Palembang - 09/11/22, -  Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan siap membangun Diorama Sejarah Sumatera Selatan, sebagai media pembelajaran kepada masyarakat luas. Guna mempersiapkan pembangunan diorama tersebut, Dinas Kearsipan Provinsi Sumatera Selatan melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) yang dibuka secara langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru.

FGD dihadiri oleh lebih dari 100 orang yang berasal dari pejabat dan PNS pemerintah provinsi, Kabupaten/Kota, Sultan Palembang beserta kerabatanya, keluarga pahlawan AK Gani, BUMN, akademisi, budayawan, komunitas dan relawan arsip, bertempat di Excelton Hotel Palembang.

Dalam sambutannya, Herman Deru menyampaikan pentingnya diorama sebagai media pembelajaran sejarah. “Pembangunan diorama itu sangat penting dalam rangka meningkatkan kesadaran terhadap sejarah dan kebangsaan bagi masyarakat Sumatera Selatan khususnya sehingga akan semakin memperkuat semangat kerja keras dan nasionalisme, serta cinta tanah air dalam kerangka NKRI," ungkapnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Konservasi Arsip, Kandar, yang hadir mewakili Kepala ANRI menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap ide pembangunan diorama sejarah Sumatera Selatan sebagai Memori Kolektif Daerah, yang diinisiasi oleh Kepala Dinas Kearsipan Provinsi Sumatera Selatan, Edwar Juliartha.

Menurut Kandar, Gubernur Sumatera Selatan mempunyai perhatian yang sangat tinggi terhadap bidang kearsipan di daerahnya, hal ini dibuktikan dari 7 acara yang digelar di provinsi dalam waktu yang bersamaan, beliau lebih memilih hadir dalam FGD ini.

"Melalui diorama itu kita dapat bercermin pada masa lalu, untuk dapat memahami masa kini, dan untuk bertindak demi mewujudkan masa depan yang lebih baik," terang Kandar.

Edwar Juliartha, selaku pencetus ide, optimis diorama tersebut akan segera terwujud karena mendapat dukungan penuh dari Gubernur dan masyarakat luas.

FGD menghadirkan pembicara: Prof. Dr. H.M. Edwar Juliarta, S.Sos. M.M. (Kepala Dinas Kearsipan Provinsi Sumatera Selatan; Dr. Kandar, (Deputi Bidang Konservasi Arsip ANRI); Dr. Farida R Warga Dalem, M.Si. (Sejarawan); RM Fawwas Diraja (Kasultanan Palembang); Keluarga Pahlawan A.K. Ghani, dan Hidayatullah Fikri/Mang Dayat (Budayawan Kesultanan Palembang). ( DK )


Penulis : DK

Bagikan

Views: 907