08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Direktorat Kearsipan Daerah II Laksanakan Workshop Penerapan Aplikasi SRIKANDI

Direktorat Kearsipan Daerah II Laksanakan Workshop Penerapan Aplikasi SRIKANDI Direktorat Kearsipan Daerah II Laksanakan Workshop Penerapan Aplikasi SRIKANDI Direktorat Kearsipan Daerah II Laksanakan Workshop Penerapan Aplikasi SRIKANDI Direktorat Kearsipan Daerah II Laksanakan Workshop Penerapan Aplikasi SRIKANDI Direktorat Kearsipan Daerah II Laksanakan Workshop Penerapan Aplikasi SRIKANDI

29

Apr 24

Direktorat Kearsipan Daerah II Laksanakan Workshop Penerapan Aplikasi SRIKANDI

Jakarta - 29/04/24, Direktorat Kearsipan Daerah II Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan Workshop Implementasi Aplikasi SRIKANDI pada 29 April - 1 Mei 2024 di Hotel Aston Priority Simatupang & Conference Center, Jakarta Selatan. Acara yang digelar secara hybrid ini dilaksanakan dalam rangka percepatan implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di bidang kearsipan sebagaimana diamanatkan Pasal 65 Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang SPBE dan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 679 Tahun 2020 tentang Aplikasi Umum Bidang Kearsipan Dinamis, dalam hal ini Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI). 

Hari pertama, Senin (29/04), kegiatan diawali dengan pembukaan dan pemaparan materi Kebijakan Penerapan SRIKANDI bagi Pemerintah Daerah di Wilayah Barat (Sumatera dan Jawa) oleh Direktur Kearsipan Daerah II, Suminarsih. Adapun materi kedua tentang Pengembangan Aplikasi SRIKANDI Versi 3 yang membahas tentang progress dan evaluasi peta pengembangan Aplikasi SRIKANDI, disampaikan oleh Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin), Hilman Rosmana. 

“Tim pembinaan Kearsipan Daerah II bersama Unit Pusdatin terus meningkatkan kualitas kolaborasi dan sinergi dengan tim pengembangan SRIKANDI Versi 3, khususnya menjembatani antara tim pengembang dengan para admin dan user (pengguna) SRIKANDI di daerah,” jelas Hilman Rosmana. 

Pada hari kedua, Selasa (30/04), dihadirkan narasumber dari Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Kementerian Kominfo RI, Suryo Lukito yang menyampaikan Infrastruktur Aplikasi SRIKANDI. “Kominfo RI terus mengupayakan penguatan infrastruktur melalui support security system, security protection pada infrastruktur Pusat Data Nasional,” ucap Suryo Lukito. 

Selanjutnya, Kepala Seksi Pelayanan Sertifikat Elektronik Balai Sertifikasi Elektronik (BsrE), Badan Siber dan Sandi Negara, Imam Resti Muhtahar menyampaikan tentang Penggunaan Tanda Tangan Elektronik pada Aplikasi SRIKANDI Versi 3. Pada sesi ini dibahas tentang keabsahan tanda tangan elektronik, input NIK dan passphrase (kata sandi), kegunaan e-materai, dan segel elektronik.

Kemudian workshop dilanjutkan dengan diskusi antara Direktorat Kearsipan Daerah II, Pusdatin, dan para admin SRIKANDI pemerintah daerah di wilayah Barat. Mereka sangat antusias dalam menyampaikan pertanyaan, kendala, dan masukan kepada tim pengembang SRIKANDI Versi 3 yang diwakili Pranata Komputer Pertama ANRI, Muhammad Solihin.

( IKN dan HF )


Foto : Direktorat Kearsipan Daerah II
Penulis : IKN dan HF
Editor : sa

Bagikan

Views: 953