08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Direktorat Pengolahan ANRI Mengunjungi Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Yogyakarta

Direktorat Pengolahan ANRI Mengunjungi Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Yogyakarta Direktorat Pengolahan ANRI Mengunjungi Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Yogyakarta

13

May 24

Direktorat Pengolahan ANRI Mengunjungi Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Yogyakarta

Yogyakarta - 13/05/24, Direktorat Pengolahan ANRI melakukan kunjungan ke perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta pada 14 Mei 2024. Kunjungan yang dilakukan dalam rangka penelusuran sumber data dan referensi penyusunan Inventaris Arsip Foto Kementerian Penerangan RI Tahun 1958-1965 ini dilaksanakan oleh 4 (empat) orang arsiparis di lingkungan Direktorat Pengolahan.

Penyusunan Inventaris Arsip Foto Kementerian Penerangan RI Tahun 1958-1965 saat ini telah memasuki tahapan deskripsi arsip. Salah satu elemen penting dalam penuangan deskripsi arsip ialah kelengkapan informasi mengenai peristiwa maupun tokoh yang ada dalam setiap arsip foto. Kegiatan penelusuran sumber data dan referensi merupakan tahapan yang sangat dibutuhkan untuk melengkapi kekosongan informasi yang tersedia dalam arsip foto. 

Penelusuran sumber data dan referensi ke perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan merupakan bagian dimaksudkan untuk mencari referensi berupa buku-buku yang relevan dengan tokoh-tokoh maupun peristiwa yang terjadi selama kurun waktu 1958-1965.

Dalam kegiatan ini, tim diterima oleh Inggit Purwandari, selaku Kepala Seksi Layanan Perpustakaan Ekstensi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang menyambut baik kunjungan penelusuran ini.

Menurut Wiwik, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki beberapa koleksi buku-buku yang terkait dengan peristiwa sekitar 1958-1965. Dari hasil penelusuran, didapatkan beberapa koleksi buku yang terkait dengan peristiwa di sekitar 1958-1965 antara lain adalah buku berjudul “Menuju ke Kementerian Penerangan Negara Kesatuan”, “Pembangunan Semesta”, “Opening Ceremony of Ganefo”, “Kabinet Karya (9 April 1957-9 April 1958)”, dan sebagainya. 

Diharapkan melalui penelusuran sumber data dan referensi ke perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini dapat memberikan tambahan informasi mengenai tokoh dan peristiwa yang terjadi pada kurun waktu 1958-1965 sehingga semakin mempermudah untuk melakukan penyusunan Inventaris Arsip Foto Kementerian Penerangan RI Wilayah Jakarta Tahun 1958 – 1965 yang berkualitas.

( MTHP )


Foto : Direktorat Pengolahan
Penulis : MTHP
Editor : is

Bagikan

Views: 43