08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Direktorat Pengolahan Bahas Penyusunan Inventaris Departement van Binnenlandsch Bestuur: Seri Verbaal

Direktorat Pengolahan Bahas Penyusunan Inventaris Departement van Binnenlandsch Bestuur: Seri Verbaal Direktorat Pengolahan Bahas Penyusunan Inventaris Departement van Binnenlandsch Bestuur: Seri Verbaal

08

Jun 23

Direktorat Pengolahan Bahas Penyusunan Inventaris Departement van Binnenlandsch Bestuur: Seri Verbaal

Jakarta - 08/06/23, Direktorat Pengolahan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melaksanakan kegiatan rapat konsinyering di Gran Melia Hotel, Kuningan, Jakarta guna membahas penyusunan Inventaris Departement van Binnenlandsch Bestuur: Seri Verbaal. Kegiatan ini dihadiri 30 peserta, dari Direktorat Pengolahan dan peserta dari Kementerian Dalam Negeri, karena Departement van Binnenlandsch Bestuur merupakan cikal bakal Kementerian Dalam Negeri saat ini. 

Direktur Pengolahan, Wiwi Diana Sari menyampaikan strategi pengolahan arsip Departement van BB Verbaal, yaitu identifikasi arsip dengan jumlah kurang lebih 1.800 meter dan media konvensional, penyusunan peta jalan mulai tahun 2015 (10 tahun penyelesaian pengolahan), akselerasi penyelesaian pengolahan arsip di tahun 2023 (Verbaal, Afdelingen, Grote bundel dan Toegangen), dan integrasi informasi arsip (akselerasi penyelesaian pengolahan, dengan memperhatikan keterbatasan sumber daya dan sarpras).

Pada rapat ini turut mengundang narasumber Sejarawan Universitas Indonesia, Mohammad Iskandar yang cukup banyak menghasilkan karya tulis sejarah zaman Hindia Belanda. Rapat difokuskan pada pembahasan sejarah Departement van Binnenlandsch Bestuur dan beberapa pencipta arsip yang muncul pada periode Republik Indonesia Serikat. Rapat ini juga membahas evaluasi kegiatan pengolahan serta solusi yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan target pengolahan arsip pada tahun ini.

( YDN )


Penulis : YDN
Editor : tk

Bagikan

Views: 560