08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Direktorat Pengolahan Kenalkan Finding Aids pada Peringatan Hari Kearsipan ke-52 di Banyuwangi

Direktorat Pengolahan Kenalkan Finding Aids pada Peringatan Hari Kearsipan ke-52 di Banyuwangi Direktorat Pengolahan Kenalkan Finding Aids pada Peringatan Hari Kearsipan ke-52 di Banyuwangi Direktorat Pengolahan Kenalkan Finding Aids pada Peringatan Hari Kearsipan ke-52 di Banyuwangi

22

May 23

Direktorat Pengolahan Kenalkan Finding Aids pada Peringatan Hari Kearsipan ke-52 di Banyuwangi

Banyuwangi - 22/05/2023, Direktorat Pengolahan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) yang diwakili  dua orang Arsiparis Madya, yaitu Nadia F. Dwiandari dan Afrizal Zurman mengikuti rangkaian kegiatan puncak peringatan Hari Kearsipan Nasional ke-52 di Banyuwangi, Jawa Timur. Salah satu kegiatan yang digelar adalah pelaksanaan ekshibisi One Stop Service yang diikuti unit kerja di ANRI.

Pada booth ekshibisi Direktorat Pengolahan, pengunjung dapat berkonsultasi secara langsung tentang kegiatan pengolahan arsip statis serta melihat langsung contoh finding aids. Pengunjung booth Direktorat Pengolahan berasal dari berbagai instansi dan daerah, antara lain Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kabupaten Badung, Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Jawa Timur, Kementerian Pertahanan RI, dan peneliti dari PGRI Banyuwangi serta Universitas Diponegoro.

Pada kesempatan ini, pengunjung juga banyak memberikan pertanyaan, seperti apa yang dimaksud finding aids, apa perbedaan di antaranya, dan bagaimana membuatnya. Selain itu, terdapat pula pertanyaan tentang penilaian arsip statis, retensi, serta akses atau layanan arsip di ANRI. Hal ini menjadi salah satu ajang diseminasi tentang pengolahan arsip statis ke berbagai pihak, sehingga arsip statis di Indonesia akan semakin banyak yang dapat diakses.

( MTHP )


Penulis : MTHP
Editor : tk

Bagikan

Views: 410