08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Direktorat Preservasi Selenggarakan Webinar Pengujian Autentikasi Arsip untuk Menjamin Ketersediaan Arsip yang Autentik

Direktorat Preservasi Selenggarakan Webinar Pengujian Autentikasi Arsip untuk Menjamin Ketersediaan Arsip yang Autentik Direktorat Preservasi Selenggarakan Webinar Pengujian Autentikasi Arsip untuk Menjamin Ketersediaan Arsip yang Autentik Direktorat Preservasi Selenggarakan Webinar Pengujian Autentikasi Arsip untuk Menjamin Ketersediaan Arsip yang Autentik

16

Nov 21

Direktorat Preservasi Selenggarakan Webinar Pengujian Autentikasi Arsip untuk Menjamin Ketersediaan Arsip yang Autentik

ANRI-Jakarta - 10/11/21. Direktorat Preservasi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan kegiatan webinar seri ke-10 dengan tema Pengujian Autentikasi Arsip untuk Menjamin Ketersediaan Arsip yang Autentik pada tanggal 27 Oktober10 November 2021 melalui aplikasi Zoom Meeting dan disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Arsip Nasional Republik Indonesia.

Webinar diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indoensia Raya dan Mars Kearsipan. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Parno Nusantara dan penyampaian informasi mengenai pendataan arsip statis nasional oleh Koordinator Kelompok Substansi Penyimpanan Arsip, Dhani Sugiharto.

Selanjutnya webinar ini dibuka oleh Direktur Preservasi, Kandar yang menyampaikan bahwa Direktorat Preservasi telah menyelenggarakan webinar sebelumnya yang membahas tentang pengujian autentikasi arsip baik dalam media konvensional, audivisiual, dan digital melalui pendekatan diplomatik dan archival authenticity sudah beberapa kali diselenggarakan dengan menghadirkan narasumber dari dalam dan luar negeri dengan berbagai macam latar belakang keilmuan, yaitu ahli sejarah, TIK, dan Kimia .

Pada webinar kali ini diikuti oleh 1.805 peserta terdaftar dan dipandu oleh Susilowati sebagai moderator dan diisi oleh para narasumber, yaitu Dr. Munawar Holil, S.S., M.Hum. selaku Pakar Filologi dan Dosen FIB Universitas Indonesia dan Erzyanto Yukama, S.S. M.M. selaku Kabbid. Prodcel Bidang Dokupalfor Bareskim POLRI.

Materi pertama berjudul Pengujian Autentikasi pada Arsip Statis: Naskah Kuno disajikan oleh Munawar Holil. Dilanjutkan dengan paparan dari Erzyanto Yukama tentang Pengujian Autentikasi Dokumen Berharga/Produk Cetak.

( PN )


Penulis : PN

Bagikan

Views: 1192