08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Direktorat Preservasi Selenggarakan Webinar Pengujian Sarana Prasarana Kearsipan untuk Menjamin Standar Kualitas Kearsipan

Direktorat Preservasi Selenggarakan Webinar Pengujian Sarana Prasarana Kearsipan untuk Menjamin Standar Kualitas Kearsipan

16

Nov 21

Direktorat Preservasi Selenggarakan Webinar Pengujian Sarana Prasarana Kearsipan untuk Menjamin Standar Kualitas Kearsipan

Jakarta – 27/10/2021 Direktorat Preservasi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan kegiatan webinar seri ke-9 dengan tema Pengujian Sarana Prasarana Kearsipan untuk Menjamin Standar Kualitas pada tanggal 27 Oktober 2021 melalui aplikasi Zoom Meeting dan disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Arsip Nasional Republik Indonesia.

Webinar diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indoensia Raya dan Mars Kearsipan. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa dan penyampaian informasi mengenai pendataan arsip statis nasional oleh Koordinator Kelompok Substansi Penyimpanan Arsip,  Dhani Sugiharto.

Selanjutnya, webinar ini dibuka oleh Direktur Preservasi, Kandar. Dalam sambutan pembukaannya, Kandar menyampaikan bahwa webinar tentang pengujian autentisitas arsip konvensional di era digital ini masih diperlukan walaupun pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 74% menurut Dirjen Aplikasi Informatika, Kementerian Kominfo tapi belum sejalan dengan tingkat implementasi kemampuan manajemen informasi atau arsip secara digital baik dalam sistem pengarsipan, sarana dan prasarana, penyimpanan, pengamanan, dan kesiapan SDM. Di samping itu, mayoritas arsip yang disimpan di Indonesia masih berbentuk analog baik konvensional maupun audiovisual.

Webinar yang diikuti oleh 1.416 peserta terdaftar ini dipandu oleh Fitra Yeni sebagai moderator dan diisi oleh para narasumber, yaitu Lies Indriati selaku Peneliti Ahli Madya dan Sony Kurnia Wirawan selaku Pranta Humas Ahli Muda di Balai Besar Pulp dan Kertas Bandung, Widayat selaku Guru Besar di Universitas Diponegoro, dan Suryo Irawan selaku Plt. Kabid Pengujian Sertifikasi/Fungsional AMMI Madya di Balai Besar Kimia Jakarta.

Materi pertama berjudul Karakteristik Kertas sebagai Bahan Arsip/Dokumen Permanen disajikan oleh Lies Indriati dan Sony Kurnia Wirawan. Dilanjutkan dengan paparan Suryo Irawan tentang Karakteristik Boks Arsip dalam Rangka Kegiatan Revisi Standar Boks Arsip, dan materi terakhir disampaikan oleh Widayat, yaitu tentang Penggunaan Sem dalam Pengujian Degradasi Serat Kertas.

( PN )


Penulis : PN

Bagikan

Views: 876