08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI
DPR RI Serahkan Arsip  Statis  Ke ANRI DPR RI Serahkan Arsip  Statis  Ke ANRI DPR RI Serahkan Arsip  Statis  Ke ANRI DPR RI Serahkan Arsip  Statis  Ke ANRI

20

Nov 21

DPR RI Serahkan Arsip Statis Ke ANRI

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) menyerahkan arsip statisnya ke Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Arsip statis DPR RI diserahkan secara simbolis oleh Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI, Novita Wijayanti kepada Kepala ANRI, Imam Gunarto di Hotel InterContinental Jakarta Pondok Indah, 19 November 2021.

Imam Gunarto menyampaikan bahwa Serah terima arsip statis ini merupakan momentum yang sangat berharga karena mewariskan jejak sejarah bangsa Indonesia. "Dapat saya laporkan bahwa dalam catatan kami, DPR RI merupakan salah satu Kementerian dan Lembaga Negara yang rutin menyerahkan arsip statisnya ke ANRI", terang Imam Gunarto.

Serah terima arsip statis kali ini merupakan yang keempat kalinya dalam lima tahun terakhir. Secara keseluruhan DPR RI telah melaksanakan penyerahan arsip statis sebanyak delapan kali sejak tahun 1998.

Adapun arsip yang diserahkan pada tahun ini adalah Personal File Para Anggota DPR RI Tahun 1950 s.d. 2000 sebanyak 933 nomor (914 berkas, 55 lembar) dan Kaset Rekaman mengenai Risalah Rapat Kerja, Rapat Dengar Pendapat, Rapat Paripurna DPR RI dan Sidang Dewan Perwakilan Rakyat RI dengan instansi lain Tahun 2000 s.d. 2005 sebanyak 415 nomor (kaset). Arsip-arsip tersebut merupakan memori yang sangat penting bagi kita dan generasi mendatang karena menggambarkan sejarah bangsa.

"Dengan diserahkannya arsip statis pada hari ini berarti kita telah mewariskan informasi yang sangat berharga, yaitu arsip tentang sejarah DPR RI sebagai bahan perenungan dan pembelajaran bagi generasi mendatang, dan seterusnya", ungkap Imam Gunarto.


Penulis : md

Bagikan

Views: 1062