08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Dua Arsiparis ANRI Ikuti Pelatihan Preservasi Arsip di Kuala Lumpur

Dua Arsiparis ANRI Ikuti Pelatihan Preservasi Arsip di Kuala Lumpur Dua Arsiparis ANRI Ikuti Pelatihan Preservasi Arsip di Kuala Lumpur Dua Arsiparis ANRI Ikuti Pelatihan Preservasi Arsip di Kuala Lumpur Dua Arsiparis ANRI Ikuti Pelatihan Preservasi Arsip di Kuala Lumpur Dua Arsiparis ANRI Ikuti Pelatihan Preservasi Arsip di Kuala Lumpur

10

Jul 23

Dua Arsiparis ANRI Ikuti Pelatihan Preservasi Arsip di Kuala Lumpur

Aceh - 10/07/23, Kuala Lumpur - Malaysian Technical Cooporation Program (MTCP) bekerjasama dengan Arkip Negara Malaysia melaksanakan kegiatan pelatihan preservasi arsip bagi arsiparis dari 8 negara yang dilaksanakan di Kantor Arkip Negara Malaysia Kuala Lumpur, pada 5-14 Juli 2023.

Pelatihan ini diikuti oleh 11 peserta dari Indonesia, Filipina, Timor Leste, Bhutan, Srilanka, Azerbaijan, Maladewa, Pakistan, terdiri dari arsiparis dan pegawai Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Dua peserta dari Indonesia yang mengikuti kegiatan tersebut merupakan arsiparis dari Arsip Nasional Republik Indonesia, salah satunya dari Balai Arsip Statis dan Tsunami yang berada di Aceh. 

Para peserta akan mengikuti pelatihan "Disaster Preparedness for Records and Archives Management” selama 10 hari penuh yang dipusatkan di beberapa kantor Arkip Negara Malaysia di Kuala Lumpur dan Malaka. 

Dalam kegiatan tersebut para peserta diharapkan dapat mempelajari upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah (preventive) dan langkah-langkah yang dapat diambil pada saat terjadi bencana (proactive action/response) serta upaya penanggulangan terhadap arsip pasca bencana (rescue and recovery). 

Selain itu, peserta juga dapat berbagi pengalaman tentang berbagai upaya yang dilakukan di negara masing-masing dalam hal penyelamatan dan penanganan arsip baik pra bencana maupun pasca bencana.

Para peserta juga akan dibekali dengan teknik-teknik restorasi arsip yang terdampak bencana baik secara tradisional maupun menggunakan teknik terbarukan.

( han/ekh )


Penulis : han/ekh

Bagikan

Views: 498