08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Dukung SPBE di Bidang Kearsipan, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan Bersama ANRI Menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Dinamis dan Implementasi Aplikasi SRIKANDI

Dukung SPBE di Bidang Kearsipan, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan Bersama ANRI Menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Dinamis dan Implementasi Aplikasi SRIKANDI Dukung SPBE di Bidang Kearsipan, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan Bersama ANRI Menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Dinamis dan Implementasi Aplikasi SRIKANDI Dukung SPBE di Bidang Kearsipan, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan Bersama ANRI Menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Dinamis dan Implementasi Aplikasi SRIKANDI Dukung SPBE di Bidang Kearsipan, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan Bersama ANRI Menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Dinamis dan Implementasi Aplikasi SRIKANDI Dukung SPBE di Bidang Kearsipan, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan Bersama ANRI Menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Dinamis dan Implementasi Aplikasi SRIKANDI

21

Feb 23

Dukung SPBE di Bidang Kearsipan, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan Bersama ANRI Menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Dinamis dan Implementasi Aplikasi SRIKANDI

Jakarta - 21/02/23 – Pemerintah Kota Tidore Kepulauan bersama Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melalui Direktorat Kearsipan Daerah I menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Dinamis dan Implementasi Aplikasi SRIKANDI secara luring pada 20 Februari 2023 di Amaris la Codefine Hotel Kemang, Jakarta.

Kegiatan bimbingan teknis yang diikuti oleh 24 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan dengan jumlah peserta sebanyak 37 orang ini diselenggarakan dalam rangka mendukung penerapan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) dalam bidang kearsipan sebagaimana disampaikan dalam sambutan Walikota Tidore Kepulauan yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tidore Kepulauan, Ade Rakib.

“Penggunaan aplikasi SRIKANDI sebagai aplikasi umum instansi pemerintah dinilai sebagai bentuk peningkatan kualitas dalam bidang kearsipan. Aplikasi SRIKANDI juga dimaksudkan untuk mewujudkan pelayanan administrasi pemerintahan di bidang kearsipan dinamis yang berkualitas dan terpercaya", ungkap Ade Rakib.

Kegiatan bimbingan teknis ini juga dihadiri oleh Direktur Kearsipan Daerah I, Rudi Anton, dan empat arsiparis di lingkungan Direktorat Kearsipan Daerah I sebagai narsumber. Pemahaman pengelolaan arsip dinamis diberikan sehubungan dengan pascapenetapan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 83 Tahun 2022 tentang Kode Klasifikasi Arsip di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah yang merupakan materi yang disampaikan oleh Dwi Nurmaningsih, selaku arsiparis ahli madya sekaligus Ketua Tim Pembinaan Kearsipan Wilayah Timur III.

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan materi pengelolaan arsip dinamis disampaikan oleh Rini Susilowati. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan sesi pemaparan teknis implementasi aplikasi SRIKANDI yang disampaikan oleh Abdul Rachman dan Geza Surya Pratiwi mengenai penyusunan struktur di lingkungan OPD hingga praktik korespondensi.

Sebagai informasi, kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Dinamis dan Implementasi Aplikasi SRIKANDI merupakan rangkaian kegiatan pembelajaran kearsipan. Setelah kegiatan ini, Pemerintah Kota Tidore melakukan kegiatan kunjungan kearsipan ke ANRI untuk melihat praktik kearsipan secara langsung dan konsultasi terkait sertifikasi kearsipan ke Direktorat SDM Kearsipan dan Sertifikasi.

(ELD)


Penulis : ELD

Bagikan

Views: 582