08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI
ekspose citra daerah rokan hulu dalam arsip

29

Jul 18

ekspose citra daerah rokan hulu dalam arsip

Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) bekerjasama dengan  Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispussip) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menyelenggarakan ekspose dalam rangka penerbitan buku “Citra Daerah Rokan Hulu Dalam Arsip” pada tanggal 25 Juli 2018 bertempat di Gedung Dispussip Kabupaten Rokan Hulu.

Kepala Dinas Dispussip Kabupaten Rohul, Dr. H. Dipendri  dalam sambutannya mengatakan, “kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting, sangat bermanfaat bagi kita bahkan ke anak cucu”.

Tujuan dari ekspose ini untuk mendapatkan saran, masukan serta buah pikiran untuk kesempurnaan buku “Citra Rokan Hulu dalam Arsip”. Sehingga dalam kegiatan ini turut hadir Tim dari ANRI, Neneng Ridayanti, SS, M.Hum dan Ramadhona Aswin, S.Kom serta sejumlah Kepala OPD di Rohul, diantaranya Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Drs. Yusmar, M.Si, Kepala Bappeda, Camat Rambah, Camat Tambusai, Camat Kepenuhan, Camat Kunto Darussalam, Camat Rokan IV Koto. Dua Tokoh Pendiri Rohul  yakni, Drs. H. Syarifuddin Nst, MM (mantan Sekda Rohul), Tengku Azwin, SE, Ir.Adam (mantan Anggota DPRD) serta Sekretaris LAM Rohul (Rohul Azhari, SE) serta segenap pejabat Eselon III dan IV Dispussip Rohul.

Tim dari ANRI, Neneng Ridayanti menyampaikan bahwa dalam penerbitan Citra Rokan Hulu dalam Arsip ini, sehubungan Rokan Hulu merupakan kabupaten pemekaran, maka untuk melengkapi arsip-arsip hasil penelusuran yang tersimpan di ANRI diperlukan penelusuran arsip-arsip yang tersimpan di tokoh atau kerabat kerajaan serta  tokoh-tokoh pemekaran Rohul.

Sebagai tindajklanjut dari kegiatan ekspose, 26-27 Juli 2018 tim ANRI didampingi Sekretaris Dispussip Rohul (Drs. Tengku Habrizal dan Kabid Arsip (Sumardi, SS, M.Si) menelusuri arsip-arsip dan wawancara dengan tokoh-tokoh di Lima Luhak yang dalam catatan sejarah merupakan kerajaan yang punya peranan di masanya dalam perjalanan Sejarah Rokan Hulu.


Bagikan

Views: 686