08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Ekspose Daftar Arsip Film PPFN Seri Gelora Pembangunan 1978-1983

Ekspose Daftar Arsip Film PPFN Seri Gelora Pembangunan 1978-1983

30

Sep 15

Ekspose Daftar Arsip Film PPFN Seri Gelora Pembangunan 1978-1983

Jakart, (30/9) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melalui Direktorat Pengolahan menyelenggarakan acara Ekspose Daftar Arsip Film Pusat Produksi Film Negara (PPFN) Seri Gelora Pembangunan Periode Tahun 1978-1983. Acara diselenggarakan di Ruang Noerhadi Magetsari ANRI Ampera Raya, Jakarta dan dibuka langsung oleh Deputi Konservasi Arsip M. Taufik. Acara Ekspose bertujuan untuk memperoleh masukan dari stakeholder ANRI dalam rangka penyempurnaan Daftar Arsip Film PPFN Seri Gelora Pembangunan Periode Tahun 1978-1983.

M. Taufik menambahkan, melalui kegiatan ekspose tersebut para peserta mendapatkan gambaran mengenai tugas dan fungsi ANRI terutama Direktorat Pengolahan yang pada tahun 2015 bertugas mengolah arsip film PPFN seri Gelora Pembangunan Periode Tahun 1978-1983 hingga menghasilkan sebuah finding aids (Temu Balik Arsip) berupa Daftar Arsip.

 

Acara ekspose menghadirkan narasumber Praktisi Film Dokumenter dari perusahaan WatchDoc Ari Trismana, Redaktur Majalah Historia Hendri F. Isnaeni, Direktur Pengolahan Azmi dan dimoderatori oleh Dhani Sugiharto . Dalam paparan, Ari menceritakan pengalamannya dalam memproduksi Film Dokumenter. Menurut Ari, Film produksi dokumenter yang telah dibuat oleh WatchDoc, 70%-nya memanfaatkan sumber arsip. Ari merasakan pentingnya kerjasama dengan ANRI untuk pemenuhan kebutuhan mereka akan sumber-sumber arsip.

Pembicara kedua, Redaktur Majalah Historia Hendri F. Isnaeni mengutarakan bahwa  melalui Film Gelora Pembangunan, kita dapat melihat visualisasi keadaan saat itu dari kacamata pemerintah. Pembicara terakhir, Direktur Pengolahan Azmi berharap kehadiran para peserta acara ekspose dapat melengkapi daftar arsip yang telah disusun oleh Tim Direktorat Pengolahan. Mengakhiri acara, Azmi menyampaikan bahwa ANRI akan terus berupaya meningkatkan kualitas dari berbagai aspek seperti dari aspek pengolahan, aspek reproduksi, dan aspek layanan. (sa)


Bagikan

Views: 2444