08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Ekspose Inventaris Arsip Departement van Binnenlandsch Bestuur Afdeeling A

Ekspose Inventaris Arsip Departement van Binnenlandsch Bestuur Afdeeling A

21

Nov 16

Ekspose Inventaris Arsip Departement van Binnenlandsch Bestuur Afdeeling A

Direktorat Pengolahan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) gelar Ekspose Inventaris Arsip Departement van Binnenlandsch Bestuur, yang di era kemerdekaan dikenal sebagai Departemen/Kementerian  Dalam Negeri. Ekspose dilaksanakan untuk mensosialisasikan hasil Penyusunan Inventaris Arsip Departement van Binnenlandsch Bestuur Afdeeling A, sekaligus untuk mendapat masukan  dan saran dari narasumber dan peserta ekspose. Selanjutnya, masukan dan saran  yang kami peroleh akan menjadi bahan bagi Tim untuk melaksanakan penyempurnaan Draf yang telah disusun. Hal itu disampaikan oleh Deputi Bidang Konservasi M. Taufik saat membuka acara ekspose.

Panitia ekspose menghadirkan narasumber Djoko Utomo (Kepala Arsip Nasional RI tahun 2004  - 2009) dan Direktur  Pengolahan ANRI Azmi. Pada kesempatan itu Djoko Utomo memberikan masukan terkait dengan penyusunan Inventaris Arsip Departement van Binnenlandsch Bestuur. Sedangkan Azmi memaparkan proses penyusunan Inventaris Arsip Departement van Binnenlandsch Bestuur.

Peserta ekspose terdiri atas pejabat struktural dan fungsional di lingkungan ANRI, serta peserta dari berbagai Kementerian dan Lembaga: Kementerian Pertanian, Kementrian Dalam Negeri, Kementerian Pekerjaan Umum, Dinas Tata Kota DKI, Badan Pertanahan Nasional (BPN), PPATK, Badan Pelayanan Satu Pintu DKI, serta rekan-rekan mahasiswa dari Universitas Indonesia dan Universitas Negeri Jakarta.

Minat para peneliti terhadap Arsip Departement van Binnenlandsch Bestuur cukup besar, karena beragamnya informasi yang terkandung di dalamnya. Oleh karenanya perlu disusun secara optimal, agar peneliti dapat mengakses dengan mudah, cepat dan efektif. (sa)


Bagikan

Views: 622