Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta 12560

Uber Arsip
Logo ANRI
Ekspose Inventaris Arsip Perusahaan Ekspose Inventaris Arsip Perusahaan Ekspose Inventaris Arsip Perusahaan Ekspose Inventaris Arsip Perusahaan

21

Nov 22

Ekspose Inventaris Arsip Perusahaan

Jakarta - 18/11/2022, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) mencoba menggali berbagai masukan dan informasi khusus dalam proses pengarsipan yang dilaksanakan perusahaan yang beroperasi di Indonesia, guna menambah kapasitas kompetensi pengelola arsip statis dalam kegiatan "Ekspose Inventaris Arsip Perusahaan". Ekspose ini dilaksanakan dalam bentuk diskusi di Ballroom Kecapi 6 Hotel Santika, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.

Ekspose Inventaris Arsip Perusahaan yang menghadirkan narasumber Praktisi Bisnis dan Usaha Mikro Kecil Menengah, Gina masudah Husni dan Pakar Kearsipan, Azmi ini merupakan sarana untuk mempublikasikan inventaris yang telah disusun kepada pengguna/ calon pengguna, terutama dari kalangan akademisi, sejarawan, peneliti, dan pemangku kepentingan lainnya.

Tak dapat dipungkiri bahwa arsip perusahaan menjadi hal yang menarik karena ANRI hingga saat ini sedang mengolah arsip dari 25 perusahaan, dengan volume sekitar 14 meter linier, dengan kurun waktu yang bervariasi antara 1950-an hingga 2000-an. Pencipta arsip tersebut meliputi berbagai sektor, yaitu dari industri pelabuhan dan pelayaran, perkebunan, kertas, tembakau, semen, pupuk, ritel, dan pengelolaan wisata.

Kegiatan ekspose ini diikuti 42 peserta yang berasal dari Kedeputian Bidang Konservasi Arsip ANRI, Kementerian Keuangan RI, PT. Bentoel, PTPN, Sarinah, PT. Pupuk Indonesia, PT. Semen Indonesia, Kantor Pengacara, MNC News, Redaksi Suara Merdeka, dosen dan mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia dan Jurusan Ilmu Sejarah Universitas Sebelas Maret.

( ws )