08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI
Empat BUMN Susun Instrumen SIKD

07

Jun 14

Empat BUMN Susun Instrumen SIKD

Deputi Bid. Pembinaan Kearsipan Dr. H. Andi Kasman, SE., MM. saat memberikan arahan dalam acara penyusunan dan pembahasan instrumen SIKD bagi empat BUMN

 

JAKARTA - Sistem Informasi Kearsipan Dinamis berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (SIKD-TIK) telah lama dibangun Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) sebagai sarana pengelolaan arsip dinamis. ANRI dalam hal ini Direktorat Kearsipan Pusat melaksanakan penyusunan dan pembahasan instrumen pendukung demi terlaksananya penerapan SIKD tersebut.  Kali ini pembahasan dilaksanakan dengan empat  Badan Usaha Milik Negara yakni  PT.  Pengembangan Pariwisata Bali (Persero), PT.  Pos Indonesia (Persero), Perseroan Terbatas Perkebunan Nusantara (PTPN) IX Semarang, dan PTPN XIV Makassar. Acara dilaksanakan selama tiga hari mulai 5 s.d. 7 Juni 2014 di Hotel Santika Taman Mini Indonesia Indah,  Jakarta.

 

Pembukaan acara  ini dimulai dengan sambutan Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan Dr. H. Andi Kasman, SE., MM. dan dilanjutkan pemaparan materi terkait dengan kebijakan kearsipan nasional  serta kebijakan yang berkaitan dengan SIKD. Pembahasan dan penyusunan intrumen SIKD dilakukan oleh masing-masing tim dari empat BUMN dengan tim dari ANRI. Adapun empat instrumen yang harus ada untuk penerapan SIKD adalah tata naskah dinas/perusahaan, pola klasifikasi arsip, Jadwal Retensi Arsip (JRA), serta  klasifikasi keamanan dan akses arsip. Empat intrumen tersebut dibahas dan disusun guna terlaksananya implementasi SIKD di tiap BUMN yang mengikuti acara ini.

Acara ditutup oleh Direktur Kearsipan Pusat, Drs. M Taufik, M.Si. yang dalam sambutan penutupannya di antaranya menyatakan dalam rangka pembinaan kearsipan, ANRI akan membimbing secara teknis dan mengawal implementasi SIKD guna pengelolaan arsip yang berujung pada pelestarian arsip statis. (Spy)


Bagikan

Views: 2299