08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Evaluasi Penggunaan Aplikasi SRIKANDI di Lingkungan ANRI

Evaluasi Penggunaan Aplikasi SRIKANDI di Lingkungan ANRI Evaluasi Penggunaan Aplikasi SRIKANDI di Lingkungan ANRI Evaluasi Penggunaan Aplikasi SRIKANDI di Lingkungan ANRI Evaluasi Penggunaan Aplikasi SRIKANDI di Lingkungan ANRI Evaluasi Penggunaan Aplikasi SRIKANDI di Lingkungan ANRI

15

Jun 23

Evaluasi Penggunaan Aplikasi SRIKANDI di Lingkungan ANRI

Jakarta - 15/06/23, Biro Umum Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan Rapat Evaluasi Penggunaan Aplikasi SRIKANDI (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi) di Lingkungan ANRI. Kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid, yakni secara daring bagi peserta dari Balai Arsip Statis dan Tsunami melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting, dan luring yang diselenggarakan di Priority Sky Ballroom 1/Lt. 26 Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center. Kegiatan ini dihadiri Pejabat Fungsional dan Pengelola Central File di Lingkungan ANRI.

Arsiparis Muda ANRI selaku Ketua Tim Pengelolaan Informasi dan Arsip Dinamis, Khoerun Nisa Fadillah dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini memiliki beberapa tujuan, yakni (1) mengidentifikasi masalah dalam proses penggunaan aplikasi SRIKANDI; (2) mencari solusi dari masalah-masalah yang sudah diidentifikasi; (3) mengaktualisasikan solusi dan mendorong unit pengampu untuk mewujudkan pengembangan aplikasi SRIKANDI. Selanjutnya, acara dibuka secara resmi oleh Kepala Bagian Perlengkapan, Tata Usaha, Kearsipan dan Protokol, Furqon Imamsyah Ahda.

Kegiatan evaluasi dibagi menjadi dua sesi, dengan menghadirkan narasumber pada sesi pertama di antaranya Pranata Komputer Ahli Pertama Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo), Muhammad Ammar Rusydah dan Faris Fadhillah Achmad yang merupakan perwakilan dari Direktorat Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan. Narasumber tersebut menyampaikan peran Kominfo pada aplikasi SRIKANDI adalah untuk menjalankan operasionalisasi, pemeliharaan, dan pengembangan. Hal ini diperlukan agar aplikasi tetap berjalan dan terus berkembang. Ruang lingkup pengembangan aplikasi SRIKANDI yang sudah dilakukan pada tahun 2022 di antaranya adalah: penambahan modul/fungsi untuk modul oraganisasi; penambahan modul/fungsi untuk modul persuratan; penambahan modul/fungsi untuk modul utility; integrasi dengan SIKS ANRI; pengembagan halaman portal helpdesk SRIKANDI; pengembangan modul history, mutasi user, fungsi pelaksana tugas dan pelaksana harian; pengembangan modul API untuk aplikasi sejenis dan khusus; dan pengembagan aplikasi mobile V2. Pada sesi pertama, peserta kegiatan diberikan kesempatan untuk menyampaikan pengalaman dan masalah yang ditemukan dalam penggunaan aplikasi SRIKANDI.

Materi pada sesi kedua disampaikan Arsiparis Muda ANRI selaku Ketua Tim Digitalisasi Kearsipan, Direktorat Kearsipan Pusat ANRI Lufi Herawan dan Pranata Komputer Muda, Pusat Data dan Informasi ANRI, Harun Maulana. Lufi Herawan secara garis besar menyampaikan manfaat penerapan aplikasi SRIKANDI; SRIKANDI dan kerangka kerja pengelolaan arsip dalam rangka pemindahan Ibu Kota Negara; kinerja penerapan SRIKANDI; prasyarat implementasi SRIKANDI; faktor-faktor yang memengaruhi penerapan/implementasi; indikator penerapan SRIKANDI; gangguan penggunaan; serta kegiatan yang sudah dilakukan ANRI terkait dengan aplikasi SRIKANDI.

Sementara itu, Harun Maulana menyampaikan materi terkait fungsi pemberkasan arsip aktif dan fungsi penyusutan arsip pada aplikasi SRIKANDI. Proses penyusutan pada aplikasi SRIKANDI V2 hanya pada sampai prosedur pemindahan arsip inaktif. Pada sesi ini, dilakukan demonstrasi tata cara pemberkasan arsip aktif dan prosedur pemindahan arsip inaktif pada aplikasi SRIKANDI.

Pada akhir acara, disampaikan rekomendasi hasil rapat evaluasi penggunaan aplikasi SRIKANDI di Lingkungan ANRI yang selanjutnya akan disampaikan ke Kominfo dan Pusdatin ANRI. Evaluasi penggunaan aplikasi SRIKANDI diharapkan dapat meningkatkan kualitas penerapan aplikasi SRIKANDI di Lingkungan ANRI.

( PAD )


Penulis : PAD
Editor : tk

Bagikan

Views: 6113