08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI
Evaluasi Pilot Project Simpul Jaringan Evaluasi Pilot Project Simpul Jaringan Evaluasi Pilot Project Simpul Jaringan Evaluasi Pilot Project Simpul Jaringan

10

Oct 22

Evaluasi Pilot Project Simpul Jaringan

Jakarta - 10/10/22, Dalam rangka meningkatkan kuantitas dan kualitas informasi kearsipan pada Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) dan  Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN), serta meningkatkan kapasitas dan kapabilitas simpul jaringan, Pusat SJIKN Arsip Nasional Republik (Indonesia) pada tahun 2022 telah merilis program simpul jaringan pilot project. Program tersebut telah dilaksanakan sejak Juli 2022 yang diikuti 20 anggota simpul jaringan dari Lembaga Kearsipan Daerah provinsi/kabupaten/kota serta Perguruan Tinggi Negeri.

Sebagai salah satu bentuk monitoring/pengawasan, Pusat SJIK secara rutin mengevaluasi triwulanan atas hasil unggahan informasi arsip yang telah dilaksanakan oleh anggota simpul jaringan pilot project. Adapun evaluasi dilaksanakan secara daring, melalui aplikasi zoom cloud meeting. Pada evaluasi ini, turut serta pula Kepala Pusat SJIKN, Listianingtyas Murgiwati.

Menurut Arsiparis Madya selaku Koordinator Pengembangan Simpul Jaringan, A.A. Gede Sumardika teknis evaluasi yang dilaksanakan oleh tiap penanggung jawab pada tiap simpul jaringan, diharapkan dapat dimanfaatkan untuk berkonsultasi dan mengidentifikasi kendala atau permasalahan yang dihadapi. Dengan demikian dapat melahirkan solusi dan meminimalisir kendala dalam input data kurun waktu 3 (tiga) bulan ke depan.

Evaluasi diikuti pengelola SIKN pada tiap anggota simpul jaringan yang berjumlah 46 orang. Berdasarkan hasil evaluasi, masih diperlukan ketelitian dan kelengkapan informasi setiap data arsip yang diunggah, mengurangi penggunaan kata singkatan serta kelengkapan data pengelola untuk kepentingan administrasi.

(tj)


Penulis : #tj
Editor : tk

Bagikan

Views: 771