08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Evaluasi SAKIP dan RB Tahun 2021 di Lingkungan ANRI

Evaluasi SAKIP dan RB Tahun 2021 di Lingkungan ANRI Evaluasi SAKIP dan RB Tahun 2021 di Lingkungan ANRI Evaluasi SAKIP dan RB Tahun 2021 di Lingkungan ANRI Evaluasi SAKIP dan RB Tahun 2021 di Lingkungan ANRI Evaluasi SAKIP dan RB Tahun 2021 di Lingkungan ANRI Evaluasi SAKIP dan RB Tahun 2021 di Lingkungan ANRI

13

Sep 21

Evaluasi SAKIP dan RB Tahun 2021 di Lingkungan ANRI

Jakarta - 13/09/21, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) mengikuti evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi yang diselenggarakan secara daring oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Evaluasi ini diikuti oleh tim Kelompok Kerja (Pokja) Reformasi Birokrasi Pusat, Unit Kerja dan Agen Perubahan di lingkungan ANRI.

Pada sambutan pembuka, Kepala ANRI, Imam Gunarto menyampaikan bahwa sejak tahun 2011, ANRI sudah mengimplementasikan Reformasi Birokrasi dan mulai dilakukan penilaian indeks Reformasi Birokrasi. “Dari tahun ke tahun, kami berupaya untuk terus melakukan perbaikan dan peningkatan berbagai area perubahan Reformasi Birokrasi yang belum optimal. Dengan demikian, penilaian Reformasi Birokrasi yang diperoleh betul-betul dapat mencerminkan diri kami yang dinilai layak mengimplementasikan Reformasi Birokrasi,” terang Imam Gunarto.

Lebih lanjut Asisten Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian PANRB, Ronald Andrea Annas juga menyampaikan bahwa dengan adanya evaluasi SAKIP dan Reformasi Birokrasi diharapkan ANRI menjadi lebiih kuat dan kinerjanya dapat dirasakan langsung  oleh stakeholders . “Beberapa waktu terakhir adapula beberapa instansi yang menyampaikan testimoni yang luar biasa dan terkait dengan peran ANRI dalam Reformasi Birokrasi di level meso. Instansi tersebut menyebutkan bahwa berkat binaan dan pendampingan ANRI, maka pengelolaan arsip di instansinya menjadi baik. Ini menjadi salah satu cerminan bahwa ANRI telah menunjukkan kebermanfaatannya bagi stakeholders,” ungkap Ronald.

Selanjutnya, pendalaman evaluasi SAKIP dan Reformasi Birokrasi dilaksanakan oleh tim verifikator secara lebih intensif dalam breakout room aplikasi zoom meeting sesuai dengan Pokja yang telah ditetapkan. Sebagai informasi, pada tahun 2021 evaluasi SAKIP dan Reformasi Birokrasi berfokus pada tiga fokus utama yakni, efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran, penyederhanaan birokrasi, serta inovasi pelayanan dan penguatan integritas selama pandemi.

( tk )


Penulis : tk

Bagikan

Views: 1819