08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI
FGD Penyusunan Manajemen Arsitektur Data FGD Penyusunan Manajemen Arsitektur Data FGD Penyusunan Manajemen Arsitektur Data FGD Penyusunan Manajemen Arsitektur Data FGD Penyusunan Manajemen Arsitektur Data FGD Penyusunan Manajemen Arsitektur Data

04

Dec 23

FGD Penyusunan Manajemen Arsitektur Data

Jakarta - 04/12/23, Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Manajemen Arsitektur Data yang dilaksanakan secara luring di Ruang Serbaguna Biro Umum, Gedung A lantai 2.

Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan, Andi Kasman saat membuka FGD menyampaikan pentingnya membangun manajemen arsitektur data yang solid dan efisien. Bukan hanya tentang mengelola data, tetapi tentang mengubahnya menjadi aset yang berharga.

Tujuan utama dari FGD ini adalah untuk mengeksplorasi dan memahami berbagai aspek yang berkaitan dengan manajemen arsitektur data. Dalam hal ini, data yang kini sudah tersebar di berbagai departemen dan aplikasi bisa dirapikan dan dimanfaatkan. Kemudian arsitektur data yang akan dibangun tetap memenuhi peraturan SPBE yang ada dan tetap menjaga keamanan data dan bisa menjamin interoperabilitas data.

Adapun narasumber yang hadir pada FGD adalah Perwita Sari dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menyampaikan Arsitektur SPBE dan Optimalisasinya pada Domain Data dan Informasi serta Fajar Hadi Pratama dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional menyampaikan Satu Data Kearsipan.

Kegiatan FGD Penyusunan Manajemen Arsitektur Data ini diharapkan tidak hanya menjadi forum untuk bertukar pikiran, tetapi juga menjadi katalisator untuk perubahan positif dalam cara kita mengelola data. Hasil dari diskusi ini akan sangat berharga bagi pengembangan strategi dan implementasi manajemen arsitektur data di ANRI.

( NA )


Penulis : NA

Bagikan

Views: 484