08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

FGD Penyusunan Materi Diorama Arsip Presiden Kedua RI, HM. Soeharto

FGD Penyusunan Materi Diorama Arsip Presiden Kedua RI, HM. Soeharto FGD Penyusunan Materi Diorama Arsip Presiden Kedua RI, HM. Soeharto FGD Penyusunan Materi Diorama Arsip Presiden Kedua RI, HM. Soeharto FGD Penyusunan Materi Diorama Arsip Presiden Kedua RI, HM. Soeharto FGD Penyusunan Materi Diorama Arsip Presiden Kedua RI, HM. Soeharto

20

Jun 24

FGD Penyusunan Materi Diorama Arsip Presiden Kedua RI, HM. Soeharto

Jakarta - 20/06/24, Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) "Penyusunan Materi Diorama Arsip Presiden Kedua RI, HM. Soeharto di Ruang Serbaguna Soemartini, ANRI. FGD ini bertujuan untuk menggali keteladanan sosok Presiden Soeharto baik sebagai pribadi maupun pemimpin bangsa Indonesia.

FGD ini menghadirkan sejumlah narasumber dari berbagai kalangan, antara lain mantan ajudan Presiden Soeharto, Suweden perwakilan keluarga Presiden Soeharto, Arissetyanto Nugroho, dan para pakar seperti Firdaus Syam, Tri Wahyuning, Saparudin Barus, Mahpudi, Gunawan Wahyu, Heidira Witri, Erwin Kusuma, Darwin Idris, Noor Johan, Fauzan, Arie Januar, Benny Yudistira.

Pada kesempatan ini narasumber memberikan banyak masukan yang sangat membantu dalam penyusunan materi diorama arsip. Prof. Syam, misalnya, berharap agar materi diorama nantinya dapat menitikberatkan pada sosok Presiden Soeharto sebagai Bapak Pembangunan. Ia menekankan bahwa dari jasanya untuk Indonesia, banyak hal yang dapat diekplorasi. Selain itu, ia mengusulkan agar diorama arsip lebih menonjolkan arsip yang disajikan, narasi sejarah sebagai penyempurna.

Prof. Aris menyepakati saran-saran yang disampaikan oleh para narasumber lainnya. Beliau berharap diorama arsip ini nantinya dapat menjadi media pembelajaran yang bermanfaat bagi generasi saat ini dan mendatang.

FGD ini ditutup Kepala Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan, Mira Puspita Rini. Dalam kesimpulannya, ia menyatakan bahwa hasil diskusi ini akan diolah kembali oleh ANRI untuk menyusun materi diorama arsip yang akurat dan representatif, sesuai dengan masukan dari para narasumber.

Dengan adanya FGD ini, diharapkan diorama arsip Presiden Soeharto yang akan disajikan oleh ANRI dapat menjadi sumber informasi yang bermanfaat dan inspiratif bagi masyarakat luas. ( BS )


Foto : Humas ANRI
Penulis : BS
Editor : tk

Bagikan

Views: 98