08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Formulir Pengajuan Arsip KAA sebagai MoW Dibahas Final

Formulir Pengajuan Arsip KAA sebagai MoW Dibahas Final

21

Mar 14

Formulir Pengajuan Arsip KAA sebagai MoW Dibahas Final

Suasana FGD tentang Nominasi Arsip KAA sebagai MoW di LIPI (21/3)

 

JAKARTA - Sebuah Focus Group Discussion (FGD) tentang Nominasi Arsip Konferensi Asia Afrika (KAA) sebagai Memory of The World (MoW) kembali digelar sebelum formulir pengajuan tersebut diajukan kepada United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). FGD yang diselenggaran di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), jalan Gatot Subroto Jakarta pada 21 Maret 2014 ini turut dihadiri pula oleh Kepala ANRI Mustari Irawan, MPA., Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO Prof. Dr. Arief Rachman, M.Pd., Ketua Komite MoW Indonesia Prof. Dr. Bambang Subiyanto.

Sebelum FGD dimulai, Mustari menyampaikan harapannya bahwa dengan diajukannya arsip KAA sebagai MoW ini diharapkan menjadi salah satu media diseminasi arsip tentang diplomasi internasional. “Sejak tahun 2010, ketika KNIU mulai merancang pengajuan arsip KAA sebagai MoW, ANRI sudah melakukan beberapa persiapan di antaranya pelaksanaan rapat koordinasi, seminar, workshop, dan FGD yang turu menghadirkan beberapa pakar dan pihak yang terkait, “terangnya. Senada halnya dengan Arief dan Bambang yang berharap bahwa momen pengajuan arsip KAA sebagai MoW ini dapat kembali membangkitkan semangat bagi bangsa-bangsa di kawasan Asia Afrika.

FGD yang dipimpin oleh Direktur Preservasi ANRI, Drs. Imam Gunarto, M. Hum. menghasilkan beberapa masukan guna membahas final formulir pengajuan yang akan dikirimkan ke UNESCO pada 26 Maret 2014 ini.  Sebelumnya, peserta FGD diajak untuk menyaksikan film tentang KAA yang secara khusus disiapkan ANRI sebagai lampiran pengajuan formulir arsip KAA sebagai MoW. (TK)


Bagikan

Views: 2337