08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Forum Kearsipan Kemendag: ANRI Kembali Terima Arsip Statis Permendag

Forum Kearsipan Kemendag: ANRI Kembali Terima Arsip Statis Permendag Forum Kearsipan Kemendag: ANRI Kembali Terima Arsip Statis Permendag Forum Kearsipan Kemendag: ANRI Kembali Terima Arsip Statis Permendag Forum Kearsipan Kemendag: ANRI Kembali Terima Arsip Statis Permendag

07

Feb 24

Forum Kearsipan Kemendag: ANRI Kembali Terima Arsip Statis Permendag

Jakarta - 07/02/2024, Pelaksana (Plt) Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Imam Gunarto memberikan sambutan dalam acara Forum Kearsipan Kementerian Perdagangan (Kemendag) yang diadakan di Ruang Rapat Auditorium, Gedung Utama Kemendag, Jakarta (7/2). Acara turut dihadiri oleh Plt. Sekretaris Jenderal Kemendag, Suhanto dan Kepala Biro Umum dan Layanan Pengadaan Kemendag, Yan Triono.

Dalam sambutannya, Imam Gunarto menyampaikan bahwa mulai tahun 2023, ANRI fokus untuk membantu persiapan 70 kementerian/lembaga yang akan pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN). “Project besarnya adalah membantu kementerian/lembaga dengan arsip 500 meter linier dan arsip bersejarah yang biasanya hanya 5% dari keseluruhan arsip itu untuk bisa diserahkan ke ANRI. Kemudian arsip yang berguna untuk administrasi nanti akan didigitalisasi, di-upload ke SRIKANDI sehingga bisa diakses di IKN,” terangnya.

Sementara itu, Plt. Sekretaris Jenderal Kemendag, Suhanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa peranan arsip sangat penting dan bila tidak ditata oleh ANRI maka anak cucu kita tidak akan mengetahui sejarah Republik Indonesia. “Kita sendiri bekerja selalu diaudit setiap tahun sehingga peranan arsip sangat penting. Meskipun sudah digitalisasi, kita tetap menggunakan arsip kertas jadi penataan arsip yang tidak baik akan menyulitkan kita. Nilai indeks kita 86.9 di kategori Memuaskan, tapi target kita di angka Sangat Memuaskan karena akan dinilai Kemenpan RB terkait reformasi birokrasi,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, diserahkan arsip statis berupa Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) dan arsip foto dari Kemendag secara simbolis kepada ANRI. Arsip statis tersebut diharapkan menjadi salah satu upaya ANRI memajukan kebudayaan melalui program Memori Kolektif Bangsa (MKB) dan dapat menambah khasanah arsip tentang kebijakan Menteri Perdagangan di masa lalu untuk dijadikan pelajaran bagi generasi mendatang.

( TR )

 


Foto : Humas ANRI
Penulis : TR
Editor : sa

Bagikan

Views: 216