08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

GALANG MASUKAN, ANRI GELAR EKSPOSE DRAFT NSPK PEDOMAN RETENSI ARSIP SEKTOR KESRA

GALANG MASUKAN, ANRI GELAR EKSPOSE DRAFT NSPK PEDOMAN RETENSI ARSIP SEKTOR KESRA

09

Oct 14

GALANG MASUKAN, ANRI GELAR EKSPOSE DRAFT NSPK PEDOMAN RETENSI ARSIP SEKTOR KESRA

Kepala ANRI, Mustari Irawan saat memberikan arahan dan membuka acara Ekspose Draft Norma Standar Prosedur Kriteria (NSPK) tentang Pedoman Retensi Arsip Sektor Kesejahteraan Rakyat. 2014/10/09 (Dok. HM. ANRI)

 

Jakarta-ARSIP. Guna memperoleh masukan dari Stakeholder terkait dalam penyusunan Pedoman Retensi Arsip Sektor Kesejakteraan Rakyat (Kesra), Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sistem Kearsipan (Pusjibang Siskar) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menggelar Ekspose Draft Norma Standar Prosedur Kriteria (NSPK) tentang Pedoman Retensi Arsip Sektor Kesra. Acara diselenggarakan pada 9 Oktober 2014 di Ruang Noerhadi ANRI Ampera Raya Jakarta. Peserta acara diikuti oleh  perwakilan enam urusan lembaga teknis terkait yakni urusan pariwisata dan ekonomi kreatif, agama, kependudukan dan keluarga berencana, kearsipan, masalah sosial dan masalah kesehatan.

Dalam laporan, Ketua Panitia yang juga Kepala Bidang Pengkajian dan Pengembangan Sistem Kearsipan Dinamis Rini Agustiani menyampaikan tujuan diselenggarakannya acara ekspose. “Tujuan kegiatan ini untuk membangun pemahaman dan kesadaran pencipta arsip dalam pengelolaan arsip dinamis yang efektif dan efisien, melalui penyusunan dan penetapan kebijakan penetapan jadwal retensi arsip”, ujarnya. Lebih lanjut Rini Agustiani menambahkan bahwa menentukan jadwal retensi  arsip ditentukan berdasarkan pedoman retensi arsip yang disusun oleh kepala ANRI yang disusun oleh lembaga teknis terkait sebagaimana diamanatkan pasal 40 ayat 4 dan pasal 54 Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan.

Acara Ekspose dibuka langsung oleh Kepala ANRI Mustari Irawan. Saat menyampaikan arahan, Mustari Irawan menyampaikan pentingnya pedoman retensi arsip. “Pedoman retensi arsip ini sangat penting sekali bagi kementerian/lembaga, karena menjadi dasar penyusunan jadwal retensi arsip” ungkapnya. Kepala ANRI mengutarakan harapannya atas diselenggarakannya acara ekspose. “Kami berharap dari tujuan ekspose draft NSPK Pedoman Retensi Arsip Sektor Kesra ini yang pertama adalah berusaha memperoleh masukan yang dapat dijadikan dasar dan juga merumuskan kesamaan konsepsi tentang retensi arsip”, imbuhnya.

Selain sektor Kesra, Pusjibang Siskar juga telah menyelenggarakan ekspose pembahasan draft Pedoman Retensi Arsip Sektor Perekonomian Tahap III (7 Oktober 2014) dan Ekspose Pembahasan Draft Pedoman Retensi Arsip Sektor Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Tahap II (8 Oktober 2014). (sa)


Bagikan

Views: 674