08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI
Geliat LARASKA di Kota Tangerang Geliat LARASKA di Kota Tangerang Geliat LARASKA di Kota Tangerang Geliat LARASKA di Kota Tangerang Geliat LARASKA di Kota Tangerang Geliat LARASKA di Kota Tangerang Geliat LARASKA di Kota Tangerang Geliat LARASKA di Kota Tangerang

04

Nov 22

Geliat LARASKA di Kota Tangerang

Tangerang - 10/11/22, Bertempat di Aula Kecamatan Ciledug Kota Tangerang, puluhan Satuan Tugas (Satgas) Kampung Laraska dilatih dan dikukuhkan agar ke depan mereka siap melindungi dan menyelamatkan arsip masyarakat yang terdampak bencana. Satgas Kampung Laraska tersebut dibentuk lantaran Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispusip) Kota Tangerang ingin melibatkan peran serta masyarakat dalam sosialisasi dan edukasi mengenai metode perlindungan dan penyelamatan arsip vital keluarga.

Bekerja sama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Dispusip Kota Tangerang melatih Satgas Kampung Laraska dengan menyampaikan materi kearsipan mulai dari identifikasi arsip vital keluarga, cara melindungi arsip dan menyelamatkannya bilamana terjadi bencana hingga melakukan enkapsulasi arsip vital. Melalui pelatihan dan pengukuhan Satgas Kampung Laraska tersebut, diharapkan arsip keluarga milik masyarakat di wilayah Kecamatan Ciledug dapat terlindungi dari potensi dampak bencana banjir. Oleh karena selain untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Satgas Kampung Laraska itu sendiri, pelatihan tersebut juga bertujuan agar metode getok tular dari anggota Satgas Kampung Laraska terhadap warga masyarakat sekitar dapat diwujudkan.

Dalam sambutannya, Direktur Preservasi, Agus Santoso menyampaikan bahwasanya kegiatan Pelatihan Restorasi Arsip di Kota Tangerang ini memang sangat perlu dilakukan, secara terus-menerus dan berkelanjutan. Ke depan arsip yang terkena bencana dapat dilakukan perbaikan sesuai dengan standar kearsipan, sehingga arsip tersebut dapat terselamatkan dan terlestarikan dengan baik, karena arsip tersebut sangat dibutukan oleh keluarga, lembaga kearsipan maupun pencipta arsip.

( ST )

 


Penulis : ST
Editor : tk

Bagikan

Views: 911