08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI
GNSTA di kabupaten Solok

21

Feb 19

GNSTA di kabupaten Solok

Arosuka, Kabupaten Solok (21/2) - Kepala ANRI, Mustari Irawan memberikan sambutan dan arahan dalam kegiatan Pencanangan Buku Bergulir di Nagari dan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan & Arsip Kabupaten Solok.

 

Dalam sambutan dan arahannya, Kepala ANRI menyampaikan bahwa pelaksanaan tugas pemerintahan di bidang kearsipan pada dasarnya sudah memiliki landasan peraturan perundangan yang kokoh, hanya kesadaran dan perhatian perangkat pemerintah terhadap pentingnya informasi yang terkandung di dalam Arsip, dirasakan masih kurang.

 

Kepala ANRI menambahkan bahwa GNSTA merupakan sebuah upaya bagi seluruh penyelenggara kearsipan di Indonesia untuk meningkatkan kesadaran penyelenggaraan kearsipan di lingkungan pemerintahan yang sesuai kaidah peraturan. Dalam gerakan ini disampaikan beberapa poin yang perlu diperhatikan, yaitu tertib kebijakan, tertib organisasi,  tertib SDM Kearsipan, tertib sarana prasarana kearsipan, tertib pengelolaan arsip, dan tertib pendanaan kearsipan.

 

Melalui kegiatan ini, Kepala ANRI juga menekankan pentingnya dukungan Pimpinan Daerah dan SKPD kepada Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Solok, salah satunya melalui tertib pengelolaan arsip sejak fase penciptaan di SKPD.

 

Pelaksanaan Pencanangan GNSTA dipandang penting sebagai faktor pendorong dan percepatan atas peningkatan kesadaran dan kepatuhan seluruh perangkat pemerintah daerah Kabupaten Solok dalam penyelenggaraan kearsipan yang sesuai dengan peraturan perundang-perundangan yang berlaku di Indonesia.

 

Dengan meningkatnya kepatuhan penyelenggaraan kearsipan tersebut, diharapkan akuntabilitas kinerja pemerintah daerah Kabupaten Solok akan semakin baik dan ketersediaan arsip sebagai memori kolektif daerah yang akan semakin terjamin keberadaannya.

 

Kegiatan pencanangan ini dimulai dengan pembacaan laporan kegiatan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Solok, Pengukuhan Bunda Membaca oleh Perwakilan Perpustakaan Nasional RI, Sambutan dan arahan Kepala ANRI, Sambutan Sekretaris Daerah Kabupaten Solok, dan Penandatanganan Komitmen Bersama seluruh anggota Musyawarah Pimpinan Daerah serta Wali Nagari di lingkungan Kabupaten Solok yang hadir pada acara ini. Penandatangan ini disaksikan oleh tamu undangan dari Lembaga Kearsipan Daerah se-Provinsi Sumatera Barat. (AM)


Bagikan

Views: 527