08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Hari Jadi ke-244, Kabupaten Gianyar Punya Citra Daerah

20

Apr 15

Hari Jadi ke-244, Kabupaten Gianyar Punya Citra Daerah

Kepala ANRI, Mustari Irawan (kiri) menyerahkan Citra Daerah Kabupaten Gianyar kepada Bupati Gianyar, Anak Agung Gde Agung di Balai Budaya Gianyar (19/4). Dok.Dit.Pemanfaatan ANRI.

Pada Hari Jadi ke-244 Kabupaten Gianyar, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) memberikan Citra Daerah Kabupaten Gianyar (19/4). Citra Daerah Kabupaten Gianyar yang berjumlah 120 halaman diserahkan Kepala ANRI, Mustari Irawan kepada Bupati Gianyar, Anak Agung Gde Agung Bharata yang disaksikan Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi di Balai Budaya Gianyar, jalan Kapten Dipta nomor 6, Gianyar, Bali.

Dalam sambutannya, Mustari menyampaikan bahwa program Citra Daerah memiliki tujuan di antaranya meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap nilai-nilai budaya yang berkembang di lingkungannya serta memupuk kebanggaan dan cinta tanah air. "Citra Daerah ini dapat mencerminkan kearifan lokal dan memori kolektif suatu daerah," jelas Mustari.

Materi Citra Daerah Kabupaten Gianyar ini bersumber pada khazanah arsip dari berbagai media, baik arsip tekstual, peta maupun foto yang berkaitan dengan Kabupaten Gianyar. Citra Daerah juga sejalan dengan arahan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandy dalam acara Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Kearsipan (31/3) yang menekankan bahwa setiap provinsi dan kabupaten/kota perlu membangun Diorama Sejarah Perjalanan Bangsa/Daerah yang dapat mengungkapkan memori kolektif serta jati diri bangsa/daerah.

Pada kesempatan ini, ANRI juga turut berpartisipasi dalam rangkaian acara peringatan Hari Jadi ke-244 Kabupaten Gianyar dengan menyelenggarakan Pameran Arsip tentang Kabupaten Gianyar dalam Lintasan Sejarah. (TK)


Bagikan

Views: 1239