08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI
HARI KEARSIPAN DALAM KESEDERHANAAN

22

May 13

HARI KEARSIPAN DALAM KESEDERHANAAN

Jakarta, ANRI.go.id - Tanggal 18 Mei 1971 merupakan hari yang sangat penting dan bersejarah bagi insan kearsipan nasional. Tanggal 18 Mei 1971  Undang-Undang Nomor 7 tahun 1971  Tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Kearsipan ditandatangani, undang-undang yang merupakan momentum kebangkitan dunia kearsipan nasional. Dengan undang-undang tersebut kehadiran dan eksistensi kearsipan diakui oleh bangsa dan negara Republik Indonesia. Undang-undang tersebut telah meletakkan dasar dan memberikan arah dan pedoman bagi insan kearsipan dalam mengatur gerak dan langkah membangun kearsipan nasional.

Kini Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1971 Tentang Ketentuan Pokok-Pokok Kearsipan telah direvisi dan diganti menjadi  Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan. Namun tanggal ditandatanganinya undang-undang nomor 7 tahun 1971 tersebut sejak tahun 2005 ditetapkan sebagai hari Kearsipan Nasional yang selalu diperingati setiap tahunnya sebagai momentum kebangkitan dunia Kearsipan Indonesia.

Tahun ini 42 tahun sudah usia kearsipan nasional, kitapun telah memperingati dan merayakannya dengan berbagai acara yang cukup sederhana, serangkaian dengan seremonial hari Kebangkitan Nasional tanggal 20 Mei 2013. Hari Kearsipan tahun ini mengangkat tema “Refleksi 42 Tahun Kearsipan, Kita Tingkatkan Jiwa Korsa Pegawai Negeri Sipil Arsip Nasional Republik Indonesia untuk mencapai kinerja yang optimal.”

Pagi harinya seluruh pegawai mengikuti upacara bendera di halaman depan yang dirangkaikan dengan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional dengan Inspektur Upacara Sekretaris Utama yang juga merupakan PLT. Kepala ANRI Dra. Gina Masudah Husni, M.Hum. Acara dilanjutkan lagi di Ruangan Noerhadi Magetsari yaitu  ceramah motivasi dalam rangka meningkatkan jiwa korsa ANRI.

 Pada siang harinya seluruh pegawai berkumpul di halaman tengah ANRI untuk mengikuti acara “Ramah Tamah,” dengan hiburan “Naskah Abadi Band.” Sambil menikmati hiburan pegawai juga mendapatkan berbagai dorr prize dari Panitia Peringatan Kearsipan yang dikumpulkan dari berbagai donatur.  Walaupun dirayakan dengan sangat sederhana tapi cukup berkesan dihati pegawai. Acara hari kearsipan juga diisi dengan berbagai perlombaan antara lain lomba tumpeng, lomba tertib arsip, lomba busana nasional, talk show di televisi dan radio dan berbagai kegiatan lainnya.

Peringatan hari kearsipan tahun ini dilakasanakan dengan konsep “dari kita untuk kita.” Selamat Hari Kearsipan ke 42 semoga dunia kearsipan semakin maju, semakin disegani, semakin dihargai, semakin diminati dan pada akhirnya semakin bisa menunjukkan eksistensinya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.(MI)


Bagikan

Views: 6579