08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

HUT ke-30, Komnas HAM Serahkan Arsip Statisnya ke ANRI

HUT ke-30, Komnas HAM Serahkan Arsip Statisnya ke ANRI HUT ke-30, Komnas HAM Serahkan Arsip Statisnya ke ANRI HUT ke-30, Komnas HAM Serahkan Arsip Statisnya ke ANRI

07

Jun 23

HUT ke-30, Komnas HAM Serahkan Arsip Statisnya ke ANRI

Jakarta - 07/06/23, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyerahkan arsip statisnya kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) bertepatan dengan peringatan 30 tahun Komnas HAM. Pada kesempatan ini, Ketua Komnas HAM, Atnike Nova Sigiro menyerahkan arsip statis tersebut kepada Kepala ANRI, Imam Gunarto di kantor Komnas HAM. Serah terima arsip statis Komnas HAM dilaksanakan dalam rangkaian acara peringatan 30 Tahun Komnas HAM. Setelah kegiatan serah terima arsip statis, dilanjutkan penandatanganan nota kesepahaman bersama dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara ANRI dengan Komnas HAM dan pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) di lingkungan Komnas HAM.

“Terima kasih dan penghargaan yang tinggi, karena ada tiga momen kearsipan dilaksanakan dalam perayaan ultah Komnas HAM yang ke 30, yaitu MoU/PKS, Penyerahan arsip statis, dan GNSTA. Tiga kegiatan yang menunjukan proses transformasi Komnas HAM berjalan sangat hebat selama 30 tahun”, ujar Imam Gunarto.

Imam menambahkan bahwa penyerahan arsip statis Komnas HAM ini merupakan ketiga kalinya, sebelumnya pada tahun 2022 telah dua kali menyerahkan arsip statis ke ANRI. Arsip yang diserahkan tersebut merupakan bagian dari memori kolektif bangsa, yang nantinya akan menjadi bahan pembelajaran masyarakat.

Imam mengungkapkan bahwa pencanangan GNSTA sebagai bentuk komitmen bahwa perjuangan pemajuan dan penegakan HAM harus terdokumentasi dalam arsip yang baik, dengan tata Kelola yang standar, sehingga kualitas arsip yang merekam aktivitas pemajuan dan penegakan HAM bersifat handal, baik untuk kepentingan administrasi, akuntabilitas, maupun membangun memori kolektif bangsa di bidang HAM.

Sementara itu, Atnike Nova Sigiro mengungkapkan rasa bersyukurnya pada peringatan 30 Tahun Komnas HAM. “Komnas HAM pada usianya yang ke-30 adalah bukti bahwa Lembaga ini telah bertahan menghadapi perubahan sosial, ekonomi, politik di Indonesia maupun di tingkat global,” ungkapnya dalam sambutan.

(Is)


Penulis : Is
Editor : tk

Bagikan

Views: 833