08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Indonesian Archives: Arsip Kemandirian Indonesia di Bidang Politik, Ekonomi dan Budaya

Indonesian Archives: Arsip Kemandirian Indonesia di Bidang Politik, Ekonomi dan Budaya

23

Aug 16

Indonesian Archives: Arsip Kemandirian Indonesia di Bidang Politik, Ekonomi dan Budaya

Jakarta – Bertepatan dengan peringatan bulan kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menggandeng Sarinah Departemen Store melaksanakan kegiatan Pameran Indonesian Archives pada 23 s.d 31 Agustus 2016 di Loby Selatan Gedung Pusat Perbelanjaan Sarinah jl. M.H. Thamrin no.11, Jakarta Pusat. Pameran Indonesian Archives menampilkan khazanah arsip tekstual, foto dan audiovisual yang disimpan ANRI yang berkaitan dengan  kemandirian bangsa Indonesia dalam bidang politik, ekonomi dan budaya. Pameran dibuka secara resmi oleh Presiden kelima RI, Megawati Soekarno Putri.

Dalam sambutannya, Megawati menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan pameran di Sarinah merupakan pemilihan yang tepat, karena mall ini memiliki nilai sejarah, yaitu sebagai mall pertama di Indonesia dan diresmikan Bung Karno. “Kita bisa melihat berbagai bukti keberhasilan bangsa yang disimpan dalam arsip. Dengan arsip dapat menumbuhkan dan menciptakan kecintaan terhadap bangsa,” paparnya.

Pameran Indonesian Archives bertujuan untuk lebih mengenalkan dan mendekatkan khazanah arsip yang begitu kaya akan nilai-nilai cinta tanah air, nilai-nilai kepahlawanan, kesantunan dan kekayaan budaya bangsa Indonesia kepada masyarakat termasuk generasi muda penerus bangsa, terutama berbagai hal tentang kemandirian bangsa Indonesia dalam bidang politik, ekonomi dan budaya yang terekam dalam arsip.

Selain pameran, dalam  kegiatan Indonesian Archives  juga dilaksanakan talkshow, pentas musik dan family games oleh Clevio. Talkshow dilaksanakan pada 24-25 Agustus 2016 yang mengusung tema “Batik di Negeri Kita” dan “Teh di Negeri Kita”. Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan peluncuran Buku Naskah Sumber Arsip: Khazanah Perkebunan Teh Priangan.

Tidak hanya kegiatan untuk segmentasi usia dewasa, Indonesian Archives juga merangkul anak-anak untuk turut serta aktif. Bertujuan untuk mengenalkan dan mendekatkan arsip kepada anak-anak, dilaksanakan lomba mewarnai dan family games (28/8). Family games berupa kompetisi untuk keluarga terutama anak untuk membuat aplikasi dan games. Ini merupakan gerakan internasional untuk melatih coding (pemrograman komputer) sejak usia dini. Pada kompetisi ini anak-anak membuat program/aplikasi komputer tentang sejarah Indonesia yang bersumber dari arsip yang dipamerkan. Selain itu, pentas beberapa grup musik dilaksanakan di sela-sela pelaksanaan pameran.

Kegiatan Indonesian Archives yang dilaksanakan bertepatan dengan peringatan bulan kemerdekaan RI juga diharapkan menambah dan membangkitkan semangat nasionalisme bangsa Indonesia dengan meresapi nilai-nilai yang terkandung dalam khazanah arsip yang dipamerkan. Selain itu, kegiatan ini dikemas dengan cara yang lebih “kekinian”. (tk)


Bagikan

Views: 1039