08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Itje Chodidjah: Peringatan HUT MoW dan KAA, Upaya Perjuangkan Nilai Universal

Itje Chodidjah: Peringatan HUT MoW dan KAA, Upaya Perjuangkan Nilai Universal Itje Chodidjah: Peringatan HUT MoW dan KAA, Upaya Perjuangkan Nilai Universal

20

Mar 23

Itje Chodidjah: Peringatan HUT MoW dan KAA, Upaya Perjuangkan Nilai Universal

Bandung - 20/03/23, Ketua Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, Itje Chodidjah menyampaikan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Memory of the World (MoW) dan Konferensi Asia Afrika (KAA) sebagai upaya memperjuangkan nilai-nilai universal. Hal ini disampaikan Itje Chodidjah dalam talkshow Peningkatan Kesadaran Warisan Budaya Dokumenter yang dilaksanakan di Museum KAA, Bandung. Acara yang ditayangkan secara langsung melalui Youtube Arsip Nasional RI ini dibuka Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Imam Gunarto.

Itje mengatakan dalam dunia pelestarian warisan dokumenter, UNESCO meluncurkan program MoW yang telah berkontribusi besar dalam memelihara dokumenter dan artefak penting dari berbagai negara di dunia. MoW bertujuan untuk menjaga keberadaaan warisan dunia yang penting bagi sejarah, budaya dan perkembangan manusia, dan memeliharanya agar dapat diakses oleh generasi mendatang. 

Itje menambahkan pelestarian ini juga sebagai upaya menghargai nilai-nilai sejarah dan budaya. "Tidak hanya untuk Indonesia, kita harus menghargai dan merayakan nilai-nilai sejarah dan budaya kita, serta menjaga dan mempromosikan solidaritas antarnegara di seluruh dunia. Program MoW UNESCO dan peringatan KAA adalah upaya bersama untuk memperjuangkan nilai-nilai universal," jelas Itje Chodidjah. 

Pada acara talkshow ini turut hadir pula dihadiri Deputi Bidang Konservasi Arsip, Kandar, perwakilan UNESCO Jakarta, Dewan Pakar Komite Nasional MoW Indonesia, Ketua Museum KAA, dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jawa Barat, Hening Widiatmoko mewakili Gubernur Jawa Barat, Mochamad Ridwan Kamil. 

Sebagai informasi, acara ini digelar tak lain ANRI selaku Komite Nasional MoW bekerja sama dengan UNESCO Jakarta dalam rangka memperingati HUT ke-30 MoW dan ke-68 KAA. Selain talkshow, pada waktu yang sama juga dilaksanakan sharing session mengenai memori dunia bagi para peserta lomba desain poster “Program Memori Dunia UNESCO dari Indonesia”. Lomba desain ini sebelumnya telah berlangsung hingga 17 Maret 2023.

( sa )


Penulis : sa
Editor : tk

Bagikan

Views: 869