08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Jadi Tuan Rumah Konferensi SEAPAVAA, Solo Komitmen Lestarikan dan Promosikan Warisan Budaya Audiovisual

Jadi Tuan Rumah Konferensi SEAPAVAA, Solo Komitmen Lestarikan dan Promosikan Warisan Budaya Audiovisual

11

Jun 24

Jadi Tuan Rumah Konferensi SEAPAVAA, Solo Komitmen Lestarikan dan Promosikan Warisan Budaya Audiovisual

Solo - 11/06/24, Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa menyampaikan bahwa sebagai kota yang kaya warisan budaya dan seni, Solo akan senantiasa menjadi tuan rumah yang hangat pada tamu yang berkunjung, termasuk para peserta Konferensi Internasional ke-28 SouthEast Asia – Pacific AudioVisual Archive Association (SEAPAVAA) yang dilaksanakan di The Sunan Hotel, Solo, Jawa Tengah pada 9-14 Juni 2024.

“Kehadiran para peserta di sini menandai komitmen bersama kita untuk melestarikan dan mempromosikan warisan audiovisual yang kaya akan budaya dan sejarah. Salah satu prioritas pembangunan Kota Solo, Lokananta, yang letaknya di depan hotel ini, merupakan ikon Kota Solo sekaligus ikon dalam pengelolaan arsip audiovisual yang telah selesai direvitalisasi,” jelas Teguh.

Ditambahkan olehnya, banyak peninggalan sejarah yang dimiliki Lokananta, seperti file master audio Lagu Kebangsaan Indonesia Raya versi original, lagu-lagu populer dari era 1950-an hingga sekarang, pidato penting dari tokoh nasional, serta video dokumenter tentang kebudayaan Indonesia.

Mengakhiri sambutannya pada pembukaan acara Konferensi SEAPAVAA ini, Teguh juga menjelaskan bahwa Solo dalam waktu yang tidak lama lagi akan mempunyai Solo Artificial Intelligence (AI) Centre of Excellence. Menurutnya, keberadaan Lokananta dan kehadiran Solo AI Centre of Excellence, diharapkan menjadi pusat pengembangan teknologi AI dan ilmu kearsipan untuk menciptakan lingkungan informasi yang canggih dan produktif didukung pengolahan data yang cerdas, sistem pencarian yang baik, dan pengelompokkan yang lebih terstruktur. Diharapkan kolaborasi ilmu kearsipan dan AI, masa depan pengelolaan informasi dapat menjadi lebih cerah, membawa manfaat yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan.

( tk )


Foto : Humas ANRI
Penulis : tk
Editor : sa

Bagikan

Views: 182