08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Jaga Memori Bangsa, ANRI Fasilitasi Penilaian Risiko Kerusakan Arsip Statis di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Jaga Memori Bangsa, ANRI Fasilitasi Penilaian Risiko Kerusakan Arsip Statis di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Jaga Memori Bangsa, ANRI Fasilitasi Penilaian Risiko Kerusakan Arsip Statis di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Jaga Memori Bangsa, ANRI Fasilitasi Penilaian Risiko Kerusakan Arsip Statis di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

25

Feb 23

Jaga Memori Bangsa, ANRI Fasilitasi Penilaian Risiko Kerusakan Arsip Statis di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Pangkalpinang (25/02/2023) – Guna membantu kegiatan pelestarian arsip statis di lembaga kearsipan daerah serta menegaskan tugas dan fungsi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) sebagai penjaga memori kolektif bangsa, Direktorat Preservasi ANRI melakukan kegiatan fasilitasi penilaian risiko kerusakan arsip di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada 20 s.d. 24 Februari 2023.  Kegiatan ini merupakan salah satu wujud peran serta ANRI dalam memberikan informasi terkait proses penyelenggaraan preservasi arsip statis sesuai dengan Peraturan Kepala ANRI Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pedoman Preservasi Arsip Statis dan Peraturan ANRI Nomor 4 Tahun 2019 tentang Pedoman Penilaian Kerusakan Arsip Kertas.

Dalam kegiatan ini Tim Risk Assessment ANRI dipimpin Ketua Tim Laboratorium dan Autentikasi Arsip, Yanah Suryanah yang diterima langsung oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rakhmadi, para pejabat eselon  III, serta para arsiparis di lingkungan DKPUS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dalam sambutan dan pengarahannya, Rakhmadi menyampaikan ucapan terima kasih dan berharap kegiatan ini dapat memberikan bekal pengetahuan baru bagi para pengelola arsip dan arsiparis, terutama dalam melakukan preservasi arsip. Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Bidang Pengelolaan Arsip Statis, Doni Golput yang dilanjutkan dengan pemaparan mengenai pengelolaan arsip di lingkungan DKPUS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sementara itu, Yanah Suryanah dalam paparannya menyampaikan mengenai kebijakan preservasi arsip statis serta tujuan kegiatan penilaian risiko kerusakan arsip kertas yang merupakan salah satu upaya yang dilakukan ANRI untuk mengetahui kondisi arsip statis yang bernilai guna sekunder di daerah.

Secara garis besar, kegiatan penilaian risiko kerusakan arsip kertas yang dilakukan DKPUS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini terdiri dari berbagi pengetahuan dan praktik pemeriksaan kondisi fisik arsip statis serta prasarana dan sarana pendukungnya. Selain itu, dilakukan pula pemeriksaan kondisi dalam dan luar ruang depot penyimpanan arsip yang meliputi kerentanan terhadap bencana alam hingga faktor bencana yang disebabkan kelalaian manusia.  

Pada kegiatan ini, Tim Risk Assessment ANRI memberikan bahan pendukung kegiatan penilaian risiko kerusakan arsip statis yang nantinya dapat digunakan arsiparis di lingkungan DKPUS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk melakukan penilaian risiko kerusakan arsip statis secara mandiri, berkala, dan berkelanjutan. (EJ/SR)

 


Penulis : EJ/SR
Editor : Sitty Annisaa

Bagikan

Views: 599