08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

JAKARTA BANJIR, ANRI SELAMATKAN ARSIP DINAS PETERNAKAN, PERIKANAN DAN KELAUTAN DKI JAKARTA

JAKARTA BANJIR, ANRI SELAMATKAN ARSIP DINAS PETERNAKAN, PERIKANAN DAN KELAUTAN DKI JAKARTA

25

Jan 13

JAKARTA BANJIR, ANRI SELAMATKAN ARSIP DINAS PETERNAKAN, PERIKANAN DAN KELAUTAN DKI JAKARTA

Banjir yang menimpa wilayah DKI Jakarta beberapa hari terakhir ini tak hanya menimbulkan korban jiwa ataupun materi. Banyak informasi yang autentik dan terpercaya yang terekam dalam arsip ikut terendam akibat banjir pada awal tahun 2013 ini. Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) sebagai lembaga pemerintah nonkementerian yang melaksanakan tugas negara di bidang kearsipan cepat tanggap terhadap kondisi banjir yang menimpa DKI Jakarta dengan melakukan  pelindungan dan penyelamatan arsip . Hal tersebut sesuai dengan amanat pasal 34 ayat 3 Undang-Undang 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan yang salah satunya menerangkan bahwa negara menyelenggarakan pelindungan dan penyelamatan arsip akibat bencana alam.

Setelah pada 18 Januari 2013 melakukan pelindungan dan penyelamatan arsip miliki Komisi Pemberantasan Korupsi, pada 25 Januari 2013 ANRI kembali melakukan penyelamatan dan pelindungan arsip milik Balai Pengujian Mutu dan Pengolahan Hasil Perikanan dan Kelautan Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan provinsi DKI Jakarta di jalan Taman Pluit No.1, Jakarta Utara. Pelindungan dan penyelamatan arsip tersebut langsung dipimpin oleh Kepala ANRI, M. Asichin didampingi Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah DKI Jakarta, Maman Achdiyat,  Direktur Preservasi ANRI, Imam Gunarto dan tim preservasi arsip ANRI.

Kepala ANRI pada kesempatan ini mengungkapkan bahwa ANRI dalam hal ini bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk melakukan pelindungan dan penyelamatan arsip yang terkena banjir. “Arsipnya akan kami bawa dulu ke ANRI untuk diperbbaiki,, setelah itu baru kami serahkan kembali ke pemprov DKI,” tambahnya.

Arsip Balai Pengujian Mutu dan Pengolahan Hasil Perikanan dan Kelautan Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan provinsi DKI Jakarta yang terendam banjir ini dibawa ke kantor ANRI untuk diperbaiki dengan menggunakan mobil rescue milik ANRI dan mobil layanan masyarakat sadar arsip pemerintah provinsi DKI Jakarta. Arsip tersebut akan diperbaiki salah satunya dengan bantuan alat vacuum freeze dry chamber. (TK)


Bagikan

Views: 2271