08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Kabupaten Tana Tidung Harus Mampu Bersaing dengan Kabupaten/Kota lain di Kaltara dalam Mengelola SIKN dan JIKN

Kabupaten Tana Tidung Harus Mampu Bersaing dengan Kabupaten/Kota lain di Kaltara dalam Mengelola SIKN dan JIKN Kabupaten Tana Tidung Harus Mampu Bersaing dengan Kabupaten/Kota lain di Kaltara dalam Mengelola SIKN dan JIKN

26

Sep 23

Kabupaten Tana Tidung Harus Mampu Bersaing dengan Kabupaten/Kota lain di Kaltara dalam Mengelola SIKN dan JIKN

Tarakan - 26/09/2023, Dalam upaya sosialisasi kearsipan secara umum kepada para pelaku administrasi pemerintahan di lingkungan Kabupaten Tana Tidung, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tana Tidung menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis (bimtek) SIKN dan JIKN pada tanggal 25 s.d. 27 September di Hotel Duta Tarakan, Kaltara.

 

Peserta bimbingan teknis (bimtek) adalah perwakilan atau tenaga adminitrasi dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tana Tidung, Kaltara.

 

”Sebagai daerah yang relatif baru terbentuk di wilayah Kaltara tentunya kami tidak mau jauh tertinggal dengan daerah lain di wilayah Republik ini apalagi dengan adanya prioritas kebijakan Bupati KTT (Kabupaten Tana Tidung), seperti KTT Pintar, KTT Berdaya dan KTT Digital. Untuk itulah salah satu target kami adalah membina, melatih sumber daya manusia pemerintahan KTT agar mampu bersaing di bidang Kearsipan dengan Kabupaten/Kota lain di Provinsi Kaltara khususnya, dan di Indonesia pada umumnya,” ungkap Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Iwanto.

 

Adapun tim yang hadir dari ANRI sebagai narasumber dalam kegiatan bimtek ini, yaitu Ketua Tim Konten JIKN Anak Agung Gede Sumardika bersama Pranata Komputer, Syahrir.

 

Agung dalam paparannya menyampaikan, sebagai anggota baru di dalam SIKN dan JIKN, perlu membentuk tim pengelola SIKN dan JIKN di lingkungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, sehingga informasi dapat dikelola secara maksimal dan terkontrol dengan baik. Tim Pengelola ini juga diharapkan dapat diberikan bimbingan lebih maksimal dan berkelanjutan seperti melaksanakan magang ke ANRI. 

 

"Kami segera akan membentuk tim pengelola SIKN dan JIKN di lingkungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan KTT dan selanjutnya tim pengelola ini akan kami kirim ke ANRI untuk melaksanakan magang input data di SIKN dan JIKN agar lebih memahami dan mengerti dalam pengelolaan informasi di SIKN dan JIKN. Dengan demikian, informasi kearsipan yang dimiliki KTT lebih cepat dapat diakses oleh masyarakat secara nasional," jelas Kepala bidang arsip Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tana Tidung, Sayu Lestari.

 

( #tj )


Penulis : #tj
Editor : sa

Bagikan

Views: 400