08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI
KADO DUA DASAWARSA UNTUK SIAK KOTA ISTANA

12

Oct 19

KADO DUA DASAWARSA UNTUK SIAK KOTA ISTANA

Menyambut usia yang Ke-20 Tahun Kabupaten Siak, Plt. Kepala Arsip Nasional RI (ANRI), Dr. M. Taufik, M.Si menyerahkan buku Citra Daerah berjudul “Citra Kabupaten Siak Dalam Arsip” kepada Gubernur Riau, Drs. H. Syamsuar, M.Si, Bupati Siak, Drs. H. Alfredri, M.Si, dan Ketua DPRD Kabupaten Siak, H. Azmi, S.E. dalam rangkaian kegiatan Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sempena Hari Jadi Kabupaten Siak Ke-20 di Ruang Sidang DPRD, Siak (12/10).
 
Serah terima buku Citra Daerah diawali dengan kehadiran  Gubernur Syamsuar bersama M. Taufik diikuti Bupati Alfredri serta jajaran pejabat di lingkungan Kabupaten Siak, membuka secara resmi pameran arsip Siak Dalam Lintasan Sejarah yang digelar oleh ANRI bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan  Kabupaten Siak.
 
Buku Citra Daerah ini menggambarkan perjalanan sejarah Siak, mulai dari zaman kolonial hingga perjuangan kemerdekaan, baik dalam bentuk teks, peta maupun foto-foto. Beberapa contoh peristiwa tempo dulu yang terekam dalam buku ini diantaranya fragmen laporan tahunan Asisten Residen Siak tahun 1869, resolusi tahun 1950 dari penduduk Siak tentang pembentukan Swapraja (Daerah Istimewa) Siak,  dan lain sebagainya.
M. Taufik pada kesempatan itu menyampaikan, buku Citra Daerah diberikan karena Siak memiliki jasa besar pada masa awal kemerdekaan. Hal itu ditandai dengan Sultan Syarif Kasim II memberikan dukungannya dengan menyerahkan kekuasaan beserta harta bendanya kepada republik untuk membantu perjuangan NKRI. Serta disampaikan pula apresiasi terhadap pembangunan yang terjadi di Kabupaten Siak.
 
“Pembangunan Kabupaten Siak mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Kabupaten Siak mempunyai potensi sumber daya mineral berupa minyak dan gas bumi. Pembangunan infrastruktur seperti jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah. Sektor budaya dan pariwisata juga memiliki potensi besar, dengan telah ditetapkannya Siak sebagai kota Cagar Budaya Nasional, dan tidak menutup kemungkinan sebagai kota Warisan Dunia.” terang M. Taufik. (HR)

Bagikan

Views: 602