08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Karya "Maskapai Dagang Hindia Timur" Menangi Lomba Desain Poster HUT ke-30 MoW

Karya "Maskapai Dagang Hindia Timur" Menangi Lomba Desain Poster HUT ke-30 MoW Karya "Maskapai Dagang Hindia Timur" Menangi Lomba Desain Poster HUT ke-30 MoW

20

Mar 23

Karya "Maskapai Dagang Hindia Timur" Menangi Lomba Desain Poster HUT ke-30 MoW

Bandung - 20/03/23, Pakar Desain Grafis Institut Teknologi Bandung, A.M. Mahdar mengumumkan pemenang lomba desain poster yang bertema “Program Memori Dunia UNESCO dari Indonesia” di Museum Konferensi Asia Afrika (KAA), Bandung.  Mukhammad Fahmi Idris dari Kampus II Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan Kota Cirebon dengan karya "Maskapai Dagang Hindia Timur", Muhamad Akhmal Fryandi dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan karya "Aku Cinta Indonesia MERDEKA", dan Pripti Nur Kholifah dari Universitas Al-Ghafari dengan karya "Making History Cool Again" secara berturut-turut sebagai Juara I, II, III lomba desain poster. Lomba yang ditujukan bagi pelajar ini dilaksanakan dalam rangka menyebarluaskan informasi tentang warisan dokumenter kepada generasi muda.  

A.M Mahdar menyampaikan, melalui lomba tersebut diharapkan generasi muda akan paham pentingnya warisan dokumenter. Adapun penyerahan sertifikat pemenang lomba diserahkan Programme Specialist UNESCO Jakarta, Ana Lomtadze.  Selanjutnya, para peserta lomba desain poster dan perwakilan pelajar di kota Bandung mengikuti sharing session untuk meningkatkan kesadaran warisan dokumenter di Ruang Museum.

Perwakilan UNESCO Jakarta, Dina Esther saat sharing session tentang Berkenalan dengan Memori Dunia, menyampaikan bahwa warisan dokumenter penting karena untuk memahami masa kini dan memprediksi masa depan. Selain itu untuk memahami arus informasi, membantu membuat keputusan, serta menjaga komunitas tetap dan memelihara identitas budaya. Setelah mendapat materi, peserta lomba desain poster dan perwakilan pelajar di kota Bandung mendapatkan kesempatan untuk tur Museum KAA.  

Sebagai informasi, lomba desain poster dalam rangka HUT ke-30 MOW ini dibuka secara daring hingga 17 Maret 2023. Para peserta lomba membuat desain poster berdasarkan pada 9 (sembilan) warisan dokumenter Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO, yakni Arsip Perusahaan Dagang Hindia Timur, Naskah I La Galigo, Nagarakretagama, Babad Diponegoro, Arsip Konferensi Asia Afrika, Arsip Tsunami Samudera Hindia, Naskah Cerita Panji, Arsip Konservasi Candi Borobudur, dan Arsip RC Doktor Suharso.  

Adapun kriteria penilaian desain poster oleh dewan juri berdasarkan beberapa indikator, yakni kreativitas dan orisinalitas karya, kesesuaian isi dengan tema, kualitas visual, manfaat, dan desain. Para pemenang lomba desain poster mendapatkan total hadiah sebesar Rp 9.000.000,-.

(sa)


Penulis : sa
Editor : tk

Bagikan

Views: 827