Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta 12560

Uber Arsip
Logo ANRI

Kemensetneg dan ANRI Selenggarakan Webinar Kearsipan Internasional

Kemensetneg dan ANRI Selenggarakan Webinar Kearsipan Internasional Kemensetneg dan ANRI Selenggarakan Webinar Kearsipan Internasional Kemensetneg dan ANRI Selenggarakan Webinar Kearsipan Internasional Kemensetneg dan ANRI Selenggarakan Webinar Kearsipan Internasional Kemensetneg dan ANRI Selenggarakan Webinar Kearsipan Internasional

10

Sep 21

Kemensetneg dan ANRI Selenggarakan Webinar Kearsipan Internasional

Pemerintah Indonesia terus berkomitmen untuk berkontribusi pada pembangunan internasional melalui skema Kerja Sama Selatan-Selatan (KSS). Hal ini diimplementasikan melalui sinergi dan kerja sama antara Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dalam penyelenggaraan webinar internasional yang mengusung tema International Webinar on Records and Archive Management: Documenting History of Nations yang digelar pada 9 September 2021.

Webinar ini diikuti lebih empat ratus peserta yang berasal dari Indonesia dan beberapa negara lain, di antaranya Amerika Serikat, Filipina, Timor Leste, Singapura, Malaysia, dan Republik Korea. Webinar tersebut pun merupakan kegiatan pertama di bidang manajemen kearsipan dalam kerangka KSS antar kedua instansi yang bertujuan menjadi ajang diskusi dan berbagi pengalaman Indonesia di bidang manajemen kearsipan, termasuk arsip kepresidenan.

Pada kesempatan ini, Kepala ANRI, Imam Gunarto dan Sekretaris Kemensetneg, Setya Utama membuka acara webinar tersebut. Dalam sambutannya, Imam Gunarto mengapresiasi inisiasi kerja sama yang dilakukan oleh kedua instansi dan berharap kegiatan ini akan menjadi awal mula kolaborasi pada masa mendatang.

“Tema webinar ini menggarisbawahi kegiatan pengarsipan selama pandemi Covid-19. Diharapkan webinar ini dapat menjadi wadah bagi peserta Indonesia dan negara lain untuk berdiskusi dan berbagi pengetahuan," tutur Imam Gunarto.

Sementara itu, Setya Utama menyampaikan bahwa pelaksanaan KSS merupakan komitmen Indonesia dalam berkontribusi kepada pembangunan global yang berdasarkan solidaritas, kemitraan, dan kerja sama. “KSS juga merupakan strategi Indonesia dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDGs),” ungkap Setya.

Lebih lanjut Setya menyampaikan bahwa Kemensetneg memiliki sejarah panjang dan pengalaman yang baik dalam pemeliharaan dan manajemen arsip kepresidenan. Dengan adanya manajemen arsip kepresidenan yang baik, bukti atas perubahan, transformasi, dan pembangunan Indonesia dapat dilestarikan.

Pada kesempatan ini, webinar menghadirkan para narasumber yang memiliki keahlian di bidangnya masing-masing diantaranya Direktur Preservasi ANRI, Kandar, Prof. Yoshimi Nishi dari Universitas Kyoto; dan Kepala Biro Tata Usaha dan Arsip Kepresidenan, Kementerian Sekretariat Negara, Sinta Puspitasari. (is)

( is )