Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta 12560

Uber Arsip
Logo ANRI

Kementerian PANRB Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan Akuntabilitas Kinerja di ANRI

Kementerian PANRB Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan Akuntabilitas Kinerja di ANRI Kementerian PANRB Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan Akuntabilitas Kinerja di ANRI Kementerian PANRB Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan Akuntabilitas Kinerja di ANRI Kementerian PANRB Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan Akuntabilitas Kinerja di ANRI Kementerian PANRB Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan Akuntabilitas Kinerja di ANRI Kementerian PANRB Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan Akuntabilitas Kinerja di ANRI Kementerian PANRB Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan Akuntabilitas Kinerja di ANRI

17

Sep 20

Kementerian PANRB Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan Akuntabilitas Kinerja di ANRI

Sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan akuntabilitas kinerja di Lingkungan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melakukan evaluasi pada 17 September 2020 secara virtual dengan menggunakan metode desk evaluation melalui aplikasi zoom cloud meeting. Kegiatan evaluasi diikuti oleh 100 orang perwakilan pegawai ANRI yang tergabung dalam Tim Reformasi Birokmasi di Lingkungan ANRI.

Menurut Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANRB, Ronald Andrea Annas. Evaluasi yang dilaksanakan kali ini sifatnya berdialog bukan menghakimi suatu instansi. “Evaluasi sifatnya sama-sama mencari solusi atas kendala yang ditemui, sehingga diharapkan perbaikan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan,” jelas Ronald. Ditegaskan olehnya, lingkungan dan kondisi perubahan saat ini yang mengarah pada era digital dan era industri 4.0 juga dimungkinkan dapat turut mempengaruhi indikator atau kriteria penilaian. Beliau pun menyampaikan bahwa ANRI sangat berperan dalam mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik melalui pengelolaan arsip di mana saat ini, indeks pengelolaan arsip juga menjadi salah satu indikator penilaian Reformasi Birokrasi.

Dalam arahannya, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala ANRI, M. Taufik menyambut baik metode evaluasi yang mengedepankan Teknik berdialog ini. “Kami harap, setelah dievaluasi nantinya ada treatment-treatment yang lahir dari hasil evaluasi, sehingga perbaikan dapat segera ditindaklanjuti. Meskipun memang tidak dipungkiri jika perubahan bukan suatu hal yang mudah. Tetapi jika kita berkomitmen dan belajar bersama, perubahan dapat kita lakukan. Setiap perubahan ini pun diharapkan dapat berkontribusi untuk mewujudkan Indonesia maju,” terang M. Taufik

Berdasarkan hasil evaluasi, tim evaluator Kementerian PANRB akan menyampaikan saran dan perbaikan yang diperlukan agar pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan akuntabilitas kinerja di ANRI semakin baik dari waktu ke waktu. Adapun kegiatan evaluasi terhadap pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah ini didasarkan pada Peraturan Menteri PANRB Nomor 12 Tahun 2015 tentang Pedoman Evaluasi atas Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan Peraturan Menteri PANRB Nomor 26 Tahun 2020 tentang Pedoman Evaluasi Reformasi Birokrasi Instansi Pemerintah.

( tk )