08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI
Kementerian perindustrian Canangkan GNSTA

20

Sep 17

Kementerian perindustrian Canangkan GNSTA

Kementerian Perindustrian mencanangkan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA). Acara yang dihadiri Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Mustari Irawan beserta Pimpinan Tinggi Madya ANRI tersebut, juga dilakukan penyerahan arsip statis Kemenperin kepada ANRI.

Arsip Statis yang diserahkan ke ANRI sebanyak 7 box dan 127 berkas diantaranya perjanjian Indonesia dengan Jepang yang menjadi cikal bakal industri Inalum dan sebagian proyek asahan yang akan menorehkan sejarah tentang peran serta Kemenperin dalam pembangunan bangsa Indonesia.

Menurut Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, GNSTA ini diperlukan untuk peningkatan mutu penyelenggaraan kearsipan di seluruh unit kerja dan mampu mendukung program reformasi birokrasi Kementerian Perindustrian, Airlangga memaparkan, untuk membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, terpercaya dan akuntabel terutama pada unit kerja pusat dan daerah, maka seluruh pimpinan Kemenperin wajib melaksanakan GNSTA. "Dengan adanya komitmen pimpinan Kementerian Perindustrian tentang pelaksanaan GNSTA, kami menginstruksikan agar seluruh pimpinan dan aparatur unit kerja segera melaksanakan program GNSTA," tutur Airlangga.

Menurut Mustari Irawan GNSTA  Mendorong agar setiap instansi dan lembaga pusat dan daerah memiliki komitmen didalam menertibkan penyelenggaraan kearsipan, ada beberapa komponen yg harus dipegang dalam melaksanakan GNSTA yaitu : Tertib kebijakan, tertib kelembagaan, tertib sdm kearsipan, tertib pengelolaan arsip, tertib sarana dan prasarana, dan tertib pendanaan. (lnh/humas)


Bagikan

Views: 633