08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Kementerian PUPR RI Serahkan Arsip Periode Hindia-Belanda Hingga Republik ke ANRI

Kementerian PUPR RI Serahkan Arsip Periode Hindia-Belanda Hingga Republik ke ANRI Kementerian PUPR RI Serahkan Arsip Periode Hindia-Belanda Hingga Republik ke ANRI

14

Dec 22

Kementerian PUPR RI Serahkan Arsip Periode Hindia-Belanda Hingga Republik ke ANRI

Jakarta Selatan - 14/12/22 - Dalam rangka menyelamatkan arsip negara yang bernilai guna kesejarahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI menyerahkan arsip statis kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) untuk dilestarikan sebagai memori kolektif bangsa. Arsip statis tersebut mencakup periode Hindia-Belanda hingga Republik (pasca-kemerdekan). Total terdapat sebanyak 91 nomor arsip kertas dan 29 lembar foto dari tahun 1917 s.d. 2013 yang diserahkan.

Penyerahan arsip statis ini dilaksanakan pada Rabu, 14 Desember 2022 bertempat di di Kantor Kementerian PUPR RI, Jakarta Selatan. Pejabat yang menghadiri kegiatan ini di antaranya Kepala Biro Umum Kementerian PUPR RI, Agus Sutamin, Direktur Akuisisi ANRI, Wawan, Kepala Bagian Manajemen Perkantoran dan BMN Sekjen Kementerian PUPR RI, Priyono, serta jajaran dari kedua pihak. Di samping itu, acara ini juga disaksikan oleh perwakilan dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Diketahui pula bahwa arsip statis yang diserahkan oleh Kementerian PUPR RI dalam kesempatan ini berasal dari berbagai provenance, antara lain Eks Burgerlijke Openbare Werken (BOW), Eks Departemen Pekerjaan Umum, Eks Ditjen Penataan Ruang Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah (Kimpraswil), Eks Ditjen Penataan Ruang Departemen PU, dan Eks Ditjen Penataan Ruang Kementerian PUPR. Arsip tersebut memuat informasi tentang Kawasan Pengembangan Ekonomi Terpadu (KAPET), Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Nasional (RTR-KSN), foto-foto tentang rangkaian pemakaman korban Peristiwa 3 Desember 1945, dan lain-lain. Tentunya informasi ini merupakan warisan dokumenter yang tidak hanya menunjukkan citra masa lalu tetapi juga sebagai acuan dalam pembangunan di masa mendatang.

( TTA )


Penulis : TTA

Bagikan

Views: 1975