Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta 12560

Uber Arsip
Logo ANRI

Kementerian PUPR Serahkan Arsip Statis kepada ANRI

Kementerian PUPR Serahkan Arsip Statis kepada ANRI Kementerian PUPR Serahkan Arsip Statis kepada ANRI Kementerian PUPR Serahkan Arsip Statis kepada ANRI Kementerian PUPR Serahkan Arsip Statis kepada ANRI Kementerian PUPR Serahkan Arsip Statis kepada ANRI

28

Dec 20

Kementerian PUPR Serahkan Arsip Statis kepada ANRI

Jakarta - 28/12/20, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), M. Taufik, didampingi oleh Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan, Sumrahyadi, serta Plt. Deputi Konservasi Arsip, Multi Siswati, menghadiri kegiatan penyerahan arsip statis di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang diserahkan secara langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Mohamad Zainal Fatah, serta didampingi oleh para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Kementerian PUPR.

Penyerahan arsip statis Kementerian PUPR kepada ANRI merupakan momentum yang sangat berharga karena mewariskan jejak sejarah bangsa Indonesia. Plt. Kepala ANRI, M. Taufik menyampaikan bahwa ANRI mewakili komunitas kearsipan di Indonesia berterima kasih yang sebesar-besarnya, karena sudah melakukan langkah awal dalam pengelolaan di bidang kearsipan agar lebih baik sebagaimana yang sudah diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan bahwa setiap Lembaga Negara wajib menyerahkan arsip statis kepada ANRI.

Dengan diserahkannya arsip statis Kementerian PUPR kepada ANRI, menggambarkan keseriusan Kementerian PUPR dalam hal pengelolaan dan penanganan kearsipan  akan semakin baik, semakin tertib dan semakin maju karena kesadaran seluruh pejabat dan seluruh pegawainya semakin meningkat.

Dalam catatan ANRI, kegiatan serah terima arsip statis di Kementerian PUPR tersebut merupakan kali pertama dilakukan. Adapun arsip statis yang diserahkan adalah arsip dari unit Biro Kepegawaian, Organisasi, dan Tata Laksana sebanyak 15 berkas yang berisi tentang Menteri dan Eselon I di lingkungan Kementerian PUPR. Arsip tersebut merupakan memori yang sangat penting karena menggambarkan sejarah bangsa dan  sebagai bahan pembelajaran bagi generasi mendatang. 

( md )