08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI
Kemeriahan HUT RI ke-73 di Istana Merdeka

17

Aug 18

Kemeriahan HUT RI ke-73 di Istana Merdeka

Indonesia hari ini memperingati ulang tahun ke-73 kemerdekaannya.

 

Menjelang berlangsungnya Upacara Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Istana Merdeka, Presiden Joko Widodo menyampaikan harapannya bagi rakyat Indonesia.  Melalui cuitan di akun Twitter pribadinya, Presiden menjelaskan bahwa “Bangsa Indonesia yang tetap bersatu, berbagi, dan peduli pada sesama anak bangsa membuat negeri ini bukan hanya sekadar nama atau gambar sederetan pulau di peta dunia, melainkan menjadi sebuah kekuatan yang disegani bangsa-bangsa lain di dunia,”

 

Dalam peringatan kali ini, Kepala Negara mengundang sejumlah pihak dan masyarakat umum untuk menghadiri upacara secara langsung di Istana Merdeka, Jakarta. Di luar kompleks Istana Merdeka juga tampak masyarakat umum yang antusias menyaksikan jalannya upacara melalui layar lebar yang disediakan.

 

Peringatan kemerdekaan dengan tema “Kerja Kita Prestasi Bangsa” tampak semarak dengan tamu undangan yang mengenakan baju adat daerah masing-masing. Sekretaris Utama ANRI, Sumrahyadi dengan menggunakan Pakaian Adat Jawa turut menghadiri Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-73 di Istana Merdeka.

 

Tak mau ketinggalan Presiden Joko Widodo turut mengenakan pakaian adat Aceh. Sementara Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengenakan pakaian adat Minangkabau berwarna biru tua, lengkap dengan penutup kepalanya.

 

Sebelum upacara berlangsung, Presiden sempat turun dari mimbar kehormatan menuju tribun undangan yang dipenuhi oleh masyarakat umum untuk berjabat tangan dengan sejumlah tamu undangan.

 

Prosesi Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia diawali dengan kirab Bendera Negara Sang Merah Putih dan teks asli naskah proklamasi dari Monumen Nasional menuju Istana Merdeka.

 

Kolonel Arhanud Tri Sugiyanto menjadi Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini. Laporan Komandan Upacara kepada Presiden Joko Widodo selaku inspektur upacara dan dentuman meriam sebanyak 17 kali menandai dimulainya peringatan detik-detik proklamasi. Saat prosesi pengibaran bendera, Tarrisa Maharani Dewi yang mewakili Provinsi Jawa Barat bertugas untuk menerima bendera merah putih yang diserahkan oleh Presiden Joko Widodo untuk kemudian dikibarkan.

 

 

Masyarakat di akhir prosesi terhibur dengan atraksi flypast pesawat tempur TNI dan persembahan lagu-lagu oleh paduan suara dan orkestra Gita Bahana Nusantara.(lh)


Bagikan

Views: 2454