08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

KENALKAN KESADARAN ARSIP SEJAK DINI, ANRI GELAR FORUM APRESIASI KEARSIPAN BAGI MASYARAKAT

KENALKAN KESADARAN ARSIP SEJAK DINI, ANRI GELAR FORUM APRESIASI KEARSIPAN BAGI MASYARAKAT

27

Jul 17

KENALKAN KESADARAN ARSIP SEJAK DINI, ANRI GELAR FORUM APRESIASI KEARSIPAN BAGI MASYARAKAT

Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) gelar Forum Apresiasi Kearsipan bagi Masyarakat. Tema yang diusung “Mengenal Arsip, Mengenal Sejarah Bangsamu”. Forum Apresiasi Kearsipan bagi Masyarakat dilaksanakan di Ruang Serba Guna Noerhadi Magetsari, Arsip Nasional Republik Indonesia (27/07).  Acara apresiasi bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pengenalan arsip sejak dini kepada masyarakat khususnya di kalangan pelajar administrasi perkantoran.

Dalam sambutan, Kepala Biro Perencanaan dan Humas Syaifuddin mengutarakan pentingnya pengenalan arsip sejak dini.“Sosialisasi kearsipan khususnya pada kalangan pelajar dengan harapan bahwa masalah kearsipan dapat dikenal sejak dini dengan demikian kesadaran akan pentingnya arsip dapat tertanam di dalam pikiran anak-anak kita, para generasi muda penerus bangsa”, terangnya. Lebih lanjut Syaifuddin menambahkan melalui forum apresiasi kearsipan ini dapat memunculkan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip.

Pada kesempatan ini, panitia penyelenggara menghadirkan pembicara Kepala Bagian Humas dan TU Pimpinan ANRI Gurandhyka yang menjelaskan tentang tugas fungsi ANRI sebagai lembaga kearsipan nasional. Pemapar kedua, Kepala Sub Direktorat Pusat III Sulistyowati menyampaikan materi mengenai pengenalan umum kearsipan. Sedangkan pembicara terakhir Direktur Pengolahan ANRI Azmi mempresentasikan mengenai peranan, fungsi dan sejarah arsip.

Direktur Pengolahan ANRI Azmi menyampaikan kondisi permasalahan sosial di kalangan pemuda. “Permasalahan sosial di kalangan generasi muda diantaranya melemahnya rasa toleransi, saling menghormati dan kebersamaan”, ujarnya. Azmi menambahkan permasalahan berikutnya di kalangan generasi mileneal yakni melemahnya rasa kepercayaan diri, konflik horizontal, dan meningkatnya kekerasan. Azmi mengimbau perlunya pembangunan karakter bangsa melalui pembelajaran catatan sejarah yang tertuang dalam arsip.  

Setelah acara forum apresiasi, peserta diajak berkunjung ke unit-unit kerja untuk melihat pengelolaan arsip agar para peserta dapat mengenal ANRI lebih dekat dan mengetahui proses pengelolaan arsip dinamis dan statis. (sa)  


Bagikan

Views: 796