08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Kepala ANRI Beri Anugerah Delapan Arsiparis Teladan Tingkat Nasional Tahun 2014

Kepala ANRI Beri Anugerah Delapan Arsiparis Teladan Tingkat Nasional Tahun 2014

17

Aug 14

Kepala ANRI Beri Anugerah Delapan Arsiparis Teladan Tingkat Nasional Tahun 2014

Jakarta – Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Mustari Irawan, MPA. telah menganugerahkan arsiparis teladan tingkat nasional pada 17 Agustus 2014 kepada delapan terbaik peserta pemilihan arsiparis teladan tahun 2014 di Ruang Serba Guna Noerhadi Magetsari, gedung C, lantai 2 ANRI, jalan Ampera Raya nomor 7, Jakarta Selatan. Dalam kesempatan ini ada empat terbaik arsiparis tingkat ahli dan empat arsiparis tingkat terampil yang dianugerahkan sebagai arsiparis teladan tingkat nasional tahun 2014. Sebelumnya, sebanyak 46 peserta yang terdiri dari 19 orang arsiparis tingkat ahli dan 27 orang arsiparis tingkat terampil telah mengikuti berbagai tahapan tes yang terdiri dari ujian tertulis, wawancara dan presentasi kinerja. Para peserta berasal dari perwakilan provinsi dan instansi pusat.

Berikut adalah para pemenang arsiparis teladan tingkat nasional tahun 2014:

Arsiparis tingkat ahli:

Juara I             : Dodi Setiawan (Kementerian Luar Negeri)

Juara II            : Lastur Wahyudi (Pemerintah Prov. Jawa Tengah)

Juara III           : Kris Hapsari (ANRI)

Harapan          :Emi Ruliani (BPPT)

Arsiparis Tingkat Terampil:

Juara I             : Fistria Agustina (Kementerian pendidikan dan Kebudayaan)

Juara II            : Rita Umami (Pemerintah Prov. Jawa Tengah)

Juara III           : Nurul Muhammad (Kementerian ESDM)

Harapan          : Edar Santoso (Pemerintah DIY)

Dalam sambutannya usai memberikan penganugerahan kepada para pemenang, Mustari menyampaikan bahwa arsiparis memiliki fungsi dan peranan yang sangat strategis dan eksistensinya pun secara resmi diakui dan diatur dalam undang-undang. “Misalnya arsiparis yang bertugas di Kementerian Luar Negeri, memiliki salah tugas dalam mengelola arsip perjanjian internasional. Keautentikan arsip tersebut pun harus terjaga dan di sini arsipari mengambil peranan. Selain itu bagi arsiparis di tingkat daerah juga memiliki peranan dalam menyelamatkan memori kolektif daerah, “jelas Mustari. Menutup sambutannya, Mustari pun berharap bahwa para arsiparis teladan ini dapat dijadikan contoh baik dari sisi etika, sikap maupun perilaku bagi para profesional di komunitas kearsipan.

Kegiatan pemilihan arsiparis teladan tingkat nasional tahun 2014 ini merupakan salah satu wujud peran serta ANRI dalam memberikan pembinaan terhadap sumber daya manusia (SDM) di bidang kearsipan yang diharapkan dapat terus meningkatkan kualitas SDM kearsipan khususnya arsiparis yang kompeten, handal, berdedikasi dan berkinerja baik. Selain itu, kegiatan pemilihan arsiparis teladan pun menjadi salah satu ajang untuk memberikan apresiasi kepada arsiparis atas pengabdian dan jasanya terhadap bidang profesi kearsipan. Dengan demikian para arsiparis teladan ini dapat dijadikan contoh keteladanannya untuk meningkatkan pengelolaan arsip.

Selama mengikuti rangkaian kegiatan acara yang berlangsung mulai tanggal 16 s.d 18 Agustus 2014, keseluruhan peserta turut didampingi oleh para pejabat pembina kearsipan yang memiliki kewenangan untuk menentukan kebijakan dalam pembinaan serta pengadaan bahan dan barang untuk menunjang kegiatan kearsipan.

Rangkaian kegiatan pemilihan arsiparis teladan tingkat nasional tahun 2014 akan diakhiri dengan diikutinya acara silaturahmi para teladan nasional dengan Presiden Republik Indonesia di J.I. Expo kemayoran pada 18 Agustus 2014. (TK)


Bagikan

Views: 1681